Terkait Sail Tomini 2015, Panitia Gelar Gebyar Batik Dan Pelatihan Membatik

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 16 Juni 2015
Kategori: Nusantara
Dibaca: 155.214 Kali

Batik TominiDalam rangka menyukseskan acara Sail Tomini 2015, Bidang XXI Gebyar Batik Tomini telah menyusun 6 (enam) kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan dan mengenalkan potensi daerah kepada masyarakat nasional dan internasional.

Kegiatan disusun mulai dari kegiatan pelatihan sampai kepada kegiatan pameran yang akan menggelar hasil karya putra/putri daerah dan potensi daerah di sekitar Teluk Tomini dan daerah lainnya di seluruh penjuru tanah air.

Berikut kegiatan-kegiatan yang akan digelar di Bidang Gebyar Batik Tomini dalam perhelatan Nasional Sail Tomini 2015:

  1. Pelatihan Membatik di Gorontalo dan Palu (Sulawesi Tengah)
  2. Lomba Disain Motif Batik Tomini;
  3. Penggunaan produk-produk hasil pelatihan dan lomba disain dalam acara puncak Sail Tomini 2015, seperti: seragam penari, cinderamata, pameran, dan lain-lain;
  4. Seminar “Mutiara Khatulistiwa untuk Kehidupan Masa Depan”
  5. Ramah tamah dengan tokoh budaya dan masyarakat adat;
  6. Lomba rancang busana Batik Tomini.

Kegiatan pelatihan membatik sebagai kegiatan awal Gebyar Batik Tomini yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, telah diselenggarakan pada tanggal  4-8 Juni 2015 di Gorontalo dan 9-13 Juni 2015 di Palu, Sulawesi Tengah.

Pelatihan tersebut dibuka oleh Direktur Perfilman dan Kesenian, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kegiatan pelatihan membatik melibatkan sekitar 60 peserta dari sekitar Kota Gorontalo dan Kota Palu terdiri dari binaan Dekranasda setempat dan mahasiswa seni di daerah tersebut.

Menurut Panitia, hasil pelatihan membatik ini akan dipamerkan pada kegiatan pengembangan potensi daerah dan pada puncak acara yang merupakan bagian dari rangkaian Gebyar Batik Tomini 2015 yaitu Pameran Batik Tomini.

“Dalam kegiatan pameran tersebut, selain menggelar disain dan produk hasil pelatihan membatik di Gorontalo dan Palu, juga akan digelar hasil karya pemenang-pemenang lomba disain Batik Tomini, pemenang lomba disain Batik Raja Ampat 2014 dan batik-batik pesisir dari Sabang sampai Merauke, dan batik-batik di wilayah timur Indonesia,” ungkap seorang Panitia.

Informasi lebih lanjut mengenai acara Sail Tomini 2015 dapat diakses pada situs resmi di www.sailtomini2015.com. (Asdep Bidang Industri, UKM, Perdagangan dan Ketenagakerjaan , TJ, AZ)

Nusantara Terbaru