Termasuk Dirjen Pajak, Kementerian Keuangan Lelang 4 Jabatan Eselon I

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 12 November 2014
Kategori: Berita
Dibaca: 47.535 Kali

Gedung-Kementerian-KeuanganDalam rangka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Madya dan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) membuka kesempatan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pusat dan Daerah untuk mengisi 4 (empat) jabatan eselon I melalui seleksi terbuka.

Keempat jabatan eselon I itu adalah: Direktur Jenderal Pajak (eselon I.a), Kepala Badan Kebijakan Fiskal (eselon I.a), Staf Ahli Bidang Organisasi, Birokrasi dan Teknologi Informasi (eselon I.b) serta Staf Ahli Bidang Penerimaan Negara (eselon I.b).

Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo, mengundang para PNS baik pusat dan daerah yang memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri. . “Direktur Jenderal Pajak dan Kepala BKF untuk Eselon I.a. Staf Ahli untuk Eselon I.b,” jelas Mardiasmo, di Jakarta, Rabu (12/11).

Pendaftaran dilakukan mulai tanggal 12 November 2014 sampai dengan 21 November 2014 secara online pada website www.kemenkeu.go.id atau www.seleksijabatan-terbuka.kemenkeu.go.id. Selain itu, surat lamaran beserta dokumen persyaratan administrasi disampaikan dalam 1 amplop tertutup dan ditujukan kepada Wakil Menteri Keuangan selaku Ketua Panitia Seleksi melalui PO BOX 1000 JKP 10000, paling lambat 21 Nobember 2014 (cap pos).

Persyaratan

Dalam pengumumannya, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo selaku Ketua Panitia Seleksi menyebutkan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi para calon yang berminat di antaranya, yaitu:

a. Berstatus sebagai PNS, sekurang-kurangnya memiliki pangkat Pembina Utama (Gol. IV/c) untuk jabatan Direktur Jendral Pajak, dan sekurang-kurangnya memiliki pangkat Pembina Tingkat I (Gol. IV/b) untuk jabatan Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) dan Staf Ahli, serta telah menduduki jabatan struktural Eselon II/jabatan fungsional yang setara dengan Eselon II;

b. Memiliki masa kerja pada jabatan Eselon II/jabatan fungsional yang setara dengan Eselon II sekurang-kurangnya selama 4 (empat) tahun untuk jabatan Direktur Jendral Pajak, 3 (tiga) tahun untuk Kepala Badan Fiskal, dan 2 (dua) tahun untuk jabatan Staf Ahli;

c. Berusia seti nggi-tingginya 58 tahun pada 31 Desember 2014.

“Lamaran ditujukan kepada Wakil Menteri Keuangan selaku Ketua Panitia Seleksi dengan dilengkapi: a. Fotocopi SK CPNS dan SK PNS; b. Fotocopi SK pangkat terakhir; c. Fotocopi SK Jabatan yang pernah diduduki; d. Fotocopi ijazah terakhir; dan e. Fotocopi  Kartu NPWP,” kata Wakim Menkeu dalam pengungumumannya yang dipublikasikan Rabu (12/11).

Selain itu surat lamaran juga harus disertai dengan fotocopi DP-3 dua tahun terakhir, fotocopi tanda terima LHKPN bagi yang wajib; fotocopi SPT tahunan terakhir; Surat Keterangan Atasan Langsung yang menyatakan tidak pernah dijatuhu hukuman pidana, hukuman disiplin tingkat sedang dan berat; serta Surat Pernyataan tidak berafiliasi dan/atau menjadi anggota Partai Politik dan tidak pernah menjadi calon legislatif Partai Politik.

Dalam tahapan seleksi yang dirilis Panitia, disebutkan para calon yang berminat harus melewati tahap Seleksi Administratif, Uji Kelayakan Publik dan Penelusuran Rekam Jejak, Penulisan Makalah, Assessment Center, Pemeriksaan Kesehatan, Wawancara dengan Panitia Seleksi dan Pewawancara Independen, dan Wawancara dengan Menteri Keuangan. (Humas Kemenkeu/ES)

Berita Terbaru