Teten: Presiden Jokowi Minta Waduk Jatigede Dioperasikan Bulan Juli

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 18 Juni 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 26.975 Kali

waduk-jatigede-sumedangTim Komunikasi Presiden, Teten Masduki, mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meminta agar target beroperasinya Waduk Jatigede, Sumedang, Jawa Barat, pada bulan Juli bisa direalisasi.

“Ini karena pembangunan waduk yang dicetuskan sejak jaman Bung Karno tersendat pembangunannya selama puluhan tahun dan beberapa kali ditunda peresmiannya karena berbagai kendala,” kata Teten dalam siaran persnya Kamis (18/6) siang mengutip arahan Presiden Jokowi pada rapat terbatas, di kantor Kepresidenan, Jakarta, pagi ini.

Menurut Teten, Presiden Jokowi memandang berfungsinya Waduk Jatigede akan memberi manfaat besar bagi warga Sumedang dan sekitarnya, serta warga Jawa Barat pada umumnya.

“Selain akan berfungsi sebagai infrastruktur irigasi, waduk ini pun bisa difungsikan sebagai pembangkit listrik tenaga air,” ujar Teten.

Tim Komunikasi Presiden itu menekankan, bahwa tuntasnya pembangunan Waduk Jatigede akan menjadi bagian dari program irigasi 1 juta hektar pada 2015, yang akan menunjang program pencapaian kedaulatan pangan nasional.

Untuk mempercepat proses penyelesaian pembangunan Waduk Jatigede itu, Presiden Jokowi pada 2 Januari lalu sudah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penanganan Dampak Sosial Kemasyarakatan Pembangunan Waduk Jatigede.

“Melalui Perpres ini, Presiden berharap proses pemberian ganti rugi kepada warga bisa diselesaikan dengan baik demi kepentingan umum yang lebih besar,” terang Teten.

Sudah 99,76%

Lebih jauh Tim Komunikasi Presiden, Teten Masduki mengemukakan, kendala terbesar pembangunan Waduk Jatigede terletak pada masalah ganti rugi kepada ribuan Kepala Keluarga (KK), dan mencari lahan pengganti seluas 1,300 hektar milik Perhutani. Waduk ini, lanjut Teten, akan menggenangi sekitar 28 desa.

Teten menyebutkan, sesuai laporan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), kemajuan pekerjaan fisik pembangunan Waduk Jatigede sudah mencapai 99,76%, dan sesuai dengan target penyelesaian. “Penanganan dampak sosial kemasyarakatan juga sudah ditangani,” pungkas Teten. (ES)

Berita Terbaru