Tiba di Sorong, Presiden Jokowi Tinjau Pembangunan Pasar dan Pelabuhan

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 28 Desember 2014
Kategori: Nusantara
Dibaca: 18.790 Kali
Presiden Jokowi meninjau pembangunan Pasar Rufei, di Sorong, Papua Barat, Minggu (28/12)

Presiden Jokowi meninjau pembangunan Pasar Rufei, di Sorong, Papua Barat, Minggu (28/12)

Setelah bertemu masyarakat Adat Lembah Baliem, di Wamena, Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Widodo berkunjung ke Kota Sorong, Papua Barat, Minggu (28/12), dengan menggunakan pesawat Hercules C-130 milik TNI-AU.

Setelah sempat memimpin rapat terbatas terkait pencairan pesawat AirAsia QZ85012 setibanya di Bandar Udara Dominique Edward Osok, Presiden Jokowi dan rombongan melanjutkan perjalanan ke Pasar Rufei yang tengah dibangun oleh pemerintah provinsi. Pasar yang dibangun dengan anggaran Rp 95 miliar itu saat ini masih dalam tahap penyelesaian.

Di Pasar Rufei itu, ratusa warga yang sudah menunggu sebelumnya, langsung mendekat dan mengulurkan tangannya untuk bersalaman dengan Presiden Jokowi.

Walikota Sorong Ec Lambertus Jitmau mengatakan, pihaknya membutuhkan bantuan dana dari pemerintah pusat untuk pembangunan pasar.

Selain ke Pasar, dalam kunjungan ke Sorong ini, Presiden Jokowi juga meninjau Pelabuhan Pelindo IV, dan mendapatkan penjelasan mengenai rencana pengembangan pelabuhan.

Selanjutnya,  Presiden dan rombongan melanjutkan blusukan ke Pasar Sentral Remu Sorong, dan langsung disambut kerumunan warga yang antusias untuk berdekatan dengan Presiden. Bahkan banyak di antara mereka berfoto menggunakan telepon seluler maupun kamera digitalnya.

Saat menyambangi kios para pedagang ikan, Presiden pun bercakap-cakap dengan mereka. “Untungnya sehari berapa?” tanya Presiden.

Para pedagang menjawab, ada yang sehari Rp200.000, ada juga yang Rp300.000. “Untungnya banyak ya,” kata Presiden.

Presiden dalam kesempatan itu juga memborong ikan dari para pedagang. Selanjutnya, Presiden Jokowi dan rombongan menuju ke tempat istirahat untuk bermalam di Sorong. (ANT/ES)

Nusantara Terbaru