Tiba di Washington DC, Presiden SBY Resmikan Patung Dewi Saraswati

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 26 September 2014
Kategori: Berita
Dibaca: 111.361 Kali
Berpose di depan patung Dewi Saraswati

Berpose di depan patung Dewi Saraswati

Setelah melakukan perjalanan darat selama hampir 5 (lima) jam dari New York, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) didampingi Ibu Negara Hj. Ani Yudhoyono langsung meresmikan Patung Dewi Saraswati, di halaman depan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Amerika Serikat, Washington DC, Kamis (26/5) pukul 16.30 waktu setempat atau Jumat (27/6) pukul 03.30 WIB.

Dalam sambutannya, Presiden SBY berterima kasih kepada semua pihak yang telah mewujudkan pembangunan Patung Dewi Saraswati itu. Ia menerangkan, bila mengenal Patung Dewi Saraswati jangan hanya dari keindahan atau kecantikannya.

“Umat hindu mengenal Dewi Saraswati ini melambangkan cinta dan kasih sayang, melambangkan ilmu pengetahuan juga melambangkan kehalusan budi seni dan kebidayaan,” ungkapnya.

Presiden berharap, hadirnya patung ini bisa membuka hati dan pikiran kita semua bahkan para pemimpin ngara di dunia untuk kembali meningkatkan persahabatan, persaudaraan dan kerjasama.

“Dapat mengakhiri kebencian dan rasa permusuhan dan juga kesalah pahaman diantara kita semua. Semoga semangat ini terus hidup jangan pernah putus asa untuk membuat dunia ini lebih baik,” pesan Presiden SBY.
Patung Dewi Saraswati yang didesain oleh I Nyoman Sudarwa, guru Sekolah Seni Rupa di Gianyar, dibangun sejak April 2013 dan selesai 4 (empat) minggu kemudian.

Patung yang serba putih ini memiliki tinggi 4,9 m, lebar 2 m, dan tinggi dari dasar 6,35 m. Lantai dasar berbentuk lingkaran dengan diameter 9,2 m.

Patung tersebut menempati area sebesar 30 m persegi. Prasasti di depan patung berisikan pesan ‘Let the Indestructible Force of Love and Knowledge Seize The Hearts and Minds of All God’s Children and Forever Shall Be Peace on Earth.

Acara peresmian Patung Dewi Saraswati itu dimeriahkan dengan penampilan kelompok gamelan Bali dari Universitas Richmond, Virginia, dimana 22 diantara 26 pemain gamelan adalah mahasiswa asal AS, sisanya WNI.
Tampak hadir dalam acara peresmian Patung Desi Saraswati itu antara lain Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Perekonomian Chairul Tanjung, Mensesneg Sudi Silalahi, Sekretaris Kabinet Dipo Alam, Mendikbud Mohammad Nuh, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, dan Wakil Menlu Dino Patti Djalal. (YH/BPS/TJI)

Berita Terbaru