Tindak Lanjuti Arahan Presiden Jokowi, Humas K/L Gelar Rapat Kerja Tingkatkan Sinergi

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 8 Maret 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 25.732 Kali
Sebagian peserta Raker Bakohumas, di Hotel Savoy Homan, Bandung, Selasa (8/3). (Foto: Edi N/Humas)

Sebagian peserta Raker Bakohumas, di Hotel Savoy Homan, Bandung, Selasa (8/3). (Foto: Edi N/Humas)

Direktur Jenderal (Dirjen) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika, Djoko Agung Haryadi, membuka acara rapat kerja (raker) pengurus Badan Koordinasi Hubungan Kemasyarakatan (Bakohumas) kementerian/lembaga (K/L) di Bandung, Jawa Barat, Selasa (8/3) pagi.

Dalam sambutannya Dirjen IKP menyampaikan, bahwa agenda kali ini merupakan tindak lanjut dari pelantikan pengurus Bakohumas di Surabaya, Jawa Timur, akhir tahun lalu. Ia mengingatkanm, arahan yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada tanggal 4 Februari 2016 lalu   salah satunya adalah humas yang berada di kementerian maupun lembaga non kementerian memiliki kecepatan dalam merespons dan kecepatan memberikan informasi.

“Kesampingkan ego sektoral. Kedepankan kebersamaan dan sinergi. Jangan hanya fokus pada masalah-masalah yang ada di kementeriannya saja,” kata Djoko mengutip ucapan Presiden Jokowi waktu itu.

Dengan dasar itulah, Dirjen IKP dalam sambutannya menyampaikan bahwa program kerja pengurus Bakohumas diharapkan selaras dengan arahan yang disampaikan oleh Presiden Jokowi.  “Salah satu tolok ukur keberhasilan adalah terfokus dalam konteks government public relation,” jelas Djoko.

Salah satu contoh terkini sinergi kementerian/lembaga, menurut Djoko, adalah keberhasilan dalam mengelola informasi penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tingi (KT) Luar Biasa ke-5 OKI yang disebarluaskan melalui jaringan Bakohumas.

“Penyelenggaraan OKI kemarin menjadi trending topic di Twitter dan media sosial lain,” tambah Djoko.

Sementara itu, sebelum penyelenggaraan rapat kerja Senin (7/3) malam, beberapa pengurus Bakohumas melaksanakan koordinasi awal untuk menyiapkan draf agenda di Selasa pagi. Saat konsolidasi tersebut berlangsung, Asisten Deputi Bidang Hubungan Kemasyarakatan dan Protokol Sekretariat Kabinet, Alfurkon Setiawan, menyampaikan bahwa salah satu hal yang dapat dilakukan oleh anggota Bakohumas adalah menyediakan fitur di situs kementerian/lembaga masing-masing.

“Dengan adanya fitur tersendiri dari Bakohumas di tiap situs kementerian/lembaga, semua informasi dapat masuk ke sana sehingga pemantauan tentang kegiatan masing-masing instansi dapat jelas terlihat,” tutur Alfurkon.

Rapat kerja pengurus Bakohumas ini dilaksanakan satu hari yakni 8 Maret 2016 di Hotel Savoy Homann, Bandung, Jawa Barat. Rapat koordinasi pengurus Bakohumas ini dihadiri oleh para pejabat eselon dua kementerian/lembaga yang telah ditetapkan menjadi pengurus pada pelantikan 2015 lalu oleh Menteri Komunikasi dan Informatika di Bandung. (EN/AS/ES)

 

Berita Terbaru