Tinggalkan Sochi, Presiden Akhiri Lawatan Luar Negeri

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 20 Mei 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 25.883 Kali
Presiden Jokowi pada Sesi Plenari KTT ASEAN-Rusia, Jumat (20/5), di Sochi, Rusia. (Foto: BPMI/Rusman)

Presiden Jokowi pada plenary sessionĀ  KTT ASEAN-Rusia, Jumat (20/5), di Sochi, Rusia. (Foto: BPMI/Rusman)

Usai menghadiri rangkaian kegiatan KTT ASEAN-Rusia 2016, Presiden Joko Widodo, Jumat (20/5) sekitar pukul 17.00 waktu setempat atau pukul 21.00, bertolak dari Bandar Udara Adler, Sochi, Rusia untuk kembali ke tanah air.

Dalam perjalanan menuju Indonesia, Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang ditumpangi Presiden Jokowi dan rombongan akan transit di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab sekitar 2 jam.

Perjalanan dari Sochi menuju Abu Dhabi akan memakan waktu selama kurang lebih 4 jam dan dari Abu Dhabi ke Jakarta membutuhkan waktu sekitar 8 jam.

Rombongan Presiden dijadwalkan tiba di Bandar Udara Halim Perdanakusuma, Sabtu (21/5) sekitar pukul 11.30 WIB.

Presiden Jokowi telah melakukan lawatan luar negeri selama 7 hari. Pertama, Presiden melakukan kunjungan kenegaraan ke Republik Korea guna memenuhi undangan Presiden Park Geun-hye. Dalam pertemuan bilateral kedua kepala negara dibahas peningkatan kerja sama di bidang industri kreatif, perdagangan termasuk ekspor buah-buahan, investasi khususnya di bidang pembangunan infrastuktur, pertahanan dan keamanan, kontraterorisme, dan pertukaran informasi intelijen.

Dari Korea Selatan, Presiden berkunjung ke Rusia dan melakukan pertemuan dangan Presiden Vladimir Putin. Dalam pertemuan kedua pemimpin negara dibahas mengenai peningkatan dan keringanan ekspor minyak sawit, mengurangi hambatan tarif dan non tarif, investasi, pariwisata, pertahanan, serta pertukaran informasi intelijen di bidang terorisme.

Di kedua negara, Presiden juga menerima kunjungan kehormatan dari sejumlah pengusaha masing-masing negara untuk meningkatkan investasi dan bisnis di Indonesia guna mendongkrak pertumbuhan ekonomi. (ANT/UN)

Berita Terbaru