Tinjau Pembangunan Bendungan Bulango Ulu, Presiden Jokowi Optimistis Selesai Akhir Tahun 2024

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 22 April 2024
Kategori: Berita
Dibaca: 369 Kali

Presiden Jokowi melakukan peninjauan langsung ke proyek Bendungan Bulango Ulu di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo pada Senin (22/04/2024). (Foto: BPMI Setpres/Rusman)

Dalam rangka memperkuat infrastruktur nasional dan mendukung pertanian, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan langsung ke proyek Bendungan Bulango Ulu di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo pada Senin (22/04/2024). Bendungan yang merupakan salah satu dari Proyek Strategis Nasional tersebut diharapkan selesai pada akhir tahun ini.

Presiden Jokowi mengungkapkan optimisme besar terhadap proyek yang telah dimulai sejak tahun 2019 ini. “Akan selesai insyaallah akhir tahun ini, selesai,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangannya usai peninjauan di RSUD Toto Kabila, Kabupaten Bone Bolango.

Bendungan Bulango Ulu dirancang sebagai bendungan multifungsi yang tidak hanya akan memenuhi kebutuhan air baku sebesar 2.200 liter per detik, tetapi juga berpotensi sebagai sumber tenaga listrik dengan kapasitas 4,96 MW. Lebih jauh, bendungan ini juga akan mendukung irigasi untuk area pertanian seluas 4.950 hektar dan memainkan peran kritikal dalam pengendalian banjir di wilayah hilir Sungai Bolango dengan mereduksi debit banjir hingga 414 meter kubik per detik.

“Ya waduk itu akan meningkatkan produktivitas pertanian, perkebunan yang ada di Gorontalo dan sekitarnya karena ini waduk gede banget, bisa menampung 84 juta meter kubik,” jelas Presiden.

Dengan biaya pembangunan yang mencapai Rp2,42 triliun, proyek ini telah mencapai progres fisik 48,4 persen per April 2024. Luas genangan dari bendungan ini mencapai 483 hektar, menandakan skala besar dari proyek ini dalam upaya mengamankan dan memanfaatkan sumber daya air di region tersebut, utamanya di Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, dan Kabupaten Bone Bolango.

Pembangunan Bendungan Bulango Ulu menjadi simbol dari upaya pemerintah dalam memprioritaskan pengembangan infrastruktur yang berkelanjutan dan multifungsi. Ini tidak hanya membawa dampak positif pada ketahanan pangan dan air, tetapi juga memberikan kontribusi pada pemanfaatan energi terbarukan dan pengelolaan sumber daya alam yang lebih efektif.

Turut mendampingi Presiden Jokowi saat meninjau Bendungan Bulango Ulu yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel, Pj. Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya, dan Bupati Bone Bolango Merlan Uloli. (BPMI SETPRES/AIT)

Berita Terbaru