Tinjau Vaksinasi Massal Pekerja Seni, Presiden: Semoga Terlindungi dan Tetap Semangat Berkarya

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 10 Maret 2021
Kategori: Berita
Dibaca: 392 Kali

Presiden Jokowi meninjau vaksinasi massal bagi seniman dan budayawan,Rabu (10/03/2021), di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Dusun Kembaran, Desa Tamantirto, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, DIY. (Sumber: Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meninjau pelaksanaan vaksinasi massal COVID-19 bagi seniman dan budayawan, Rabu (10/03/2021). Vaksinasi massal dilaksanakan di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK), Dusun Kembaran, Desa Tamantirto, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Presiden yang terlihat mengenakan kemeja putih lengan panjang, celana kain hitam, serta mengenakan sneaker berwarna kombinasi hitam dan putih tiba di PSBK sekitar pukul 09.30 WIB yang langsung disambut oleh Bupati Bantul Abdul Halim Muslih dan Ketua Yayasan PSBK Butet  Kartaredjasa.

Tiba di lokasi Presiden langsung berkeliling meninjau pelaksanaan vaksinasi yang diikuti oleh 517 orang seniman dan budayawan tersebut. Pelaksanaan vaksinasi sendiri dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan dibagi dalam dua sesi, yaitu pagi dan siang. Tampak mendampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Usai peninjauan, Kepala Negara menyampaikan bahwa dari hasil peninjauannya pelaksanaan vaksinasi berjalan dengan lancar. “Pagi hari ini dilaksanakan vaksinasi [bagi] sebanyak 517 seniman, baik itu seniman musik, tari, seni rupa, pelukis, seni tradisional sampai modern, semuanya tadi divaksinasi dan alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Presiden menyadari bahwa pandemi COVID-19 adalah keadaan yang tidak mudah bagi pekerja seni. Namun, ia berharap para pekerja di bidang seni dan budaya tetap bersemangat dan tidak berhenti berkarya.

“Kita harus terus merawat semangat, agar beliau-beliau yang bekerja di bidang seni ini terus memiliki semangat untuk berkarya. Meskipun dalam masa pandemi dan adanya pembatasan-pembatasan yang ada tetapi karyanya tidak pernah berhenti,” tuturnya.

Vaksinasi massal di PSBK ini diikuti seniman dan budayawan dari berbagai lintas disiplin, seperti perupa, penyair, sastrawan, penari, pemusik, dalang, sampai pemain ketoprak. Presiden berharap vaksinasi ini dapat memberikan perlindungan bagi para pelaku seni dan budaya tersebut.

“Dengan vaksinasi kita harapkan para seniman, pekerja seni, semuanya bisa terlindungi dari COVID-19,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Yayasan PSBK Butet Kartaredjasa menyampaikan apresiasi atas perhatian pemerintah terhadap seniman dan budayawan, salah satu pekerjaan yang sangat terdampak pandemi COVID-19.

“Saya mewakili seniman mengucapkan terima kasih untuk terlahirkannya peristiwa [vaksinasi massal] pada pagi hari ini, sungguh membanggakan,” ujar Butet.

Di sela peninjauan Presiden Jokowi juga berkesempatan untuk menyaksikan pertunjukan seni dan budaya yang disajikan, di antaranya persembahan nyanyian berjudul ‘Vaksin Untuk Negeri’ dan ‘Protokol Kesehatan’ serta tarian bertajuk ‘Petruk Divaksin’. (FID/UN)

Berita Terbaru