Tolak Campuri Internal Parpol, Presiden Jokowi Harap Pilkada Serentak Sesuai Jadwal

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 20 Mei 2015
Kategori: Berita
Dibaca: 23.717 Kali

Awas-1-750x410Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan dilaksanakan secara serentak akhir tahun 2015 ini bisa dilakukan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

“Presiden memberikan dukungan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menyiapkan aturan dan persiapan teknis untuk mendukung pelaksanaan Pilkada,” kata Tim Komunikasi Presiden, Teten Masduki, melalui pesan singkatnya Rabu (20/5) sore.

Terkait konflik yang saat ini terjadi di tubuh Partai Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Presiden Jokowi enggan mencampuri urusan internal partai politik (Parpol).

“Dengan ini Presiden menghendaki partai yang masih memiliki kepengurusan ganda dipersilahkan menyelesaikan sendiri masalahnya. Presiden tidak mau ikut campur,” jelas Teten.

Ditambahkan Teten, bahwa Presiden Jokowi mengimbau semua pihak agar ada peningkatan kualitas demokrasi pada Pilkada serentak.

Agenda pelaksanaan Pilkada serentak sesuai jadwal KPU akan dimulai dengan pendaftara peserta pada 26-28 Juli 2015. Namun, hingga saat ini masih ada 2 (dua) Parpol yang memiliki kepengurusan ganda yaitu Partai Golkar dan PPP.

Terhadap kedua Parpol itu, KPU memberikan kesempatan kepada pengurus kedua Parpol itu untuk segera melakuka islah. Apabila hal ini tidak bisa dilakuka, maka KPU akan menunggu keputusan hukum yang berkekuatan hukum tetap atau inkrah. (ES)

Berita Terbaru