Trilateral dengan Fiji dan Papua Nugini, Presiden: Indonesia Berkomitmen Jadikan Pasifik Damai, Stabil, dan Sejahtera

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 17 November 2023
Kategori: Berita
Dibaca: 814 Kali

Presiden Jokowi menggelar pertemuan trilateral bersama dengan PM Papua Nugini James Marape dan PM Fiji Sitiveni Rabuka, di Moscone North, San Francisco, AS, Kamis (16/11/2023). (Foto: BPMI Setpres)

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan trilateral bersama dengan Perdana Menteri (PM) Papua Nugini James Marape dan PM Fiji Sitiveni Rabuka di Moscone North, San Francisco, Amerika Serikat (AS), Kamis (16/11/2023). Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menegaskan bahwa Indonesia akan terus berkomitmen untuk menjadikan kawasan Pasifik damai, stabil, dan sejahtera.

“Saya tegaskan kembali, Indonesia berkomitmen kuat menjadikan kawasan Pasifik sebagai kawasan yang damai, stabil, dan sejahtera,” ujar Presiden.

Selain itu, Presiden Jokowi turut menyebut bahwa pertemuan antarketiga negara tersebut mencerminkan hubungan persaudaraan yang erat antar sesama negara Pasifik.

“Pertemuan ini mencerminkan semakin eratnya persaudaraan sesama negara Pasifik,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi turut mengapresiasi Melanesian Spearhead Group (MSG) dan Pacific Islands Forum (PIF) yang telah menghormati kedaulatan dan integritas wilayah Indonesia dalam sejumlah pertemuan.

“Saya juga ikuti dari dekat, pelaksanaan KTT MSG dan KTT PIF, dan saya mengapresiasi posisi MSG dan PIF yang menghormati kedaulatan dan integritas wilayah Indonesia,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Kepala Negara menyampaikan bahwa Indonesia akan terus berkomitmen untuk memperkuat hubungan antara Indonesia dengan MSG dan PIF melalui sejumlah kerja sama yang nyata.

“Komitmen ini telah ditunjukkan oleh Indonesia dalam berbagai kesempatan, antara lain mengundang PIF di KTT G20 dan KTT ASEAN,” tuturnya.

“Indonesia telah berhasil mendorong terjadinya kerja sama antara Sekretariat ASEAN dan PIF,” sambungnya.

Selain itu, Presiden Jokowi mengungkapkan harapan Indonesia untuk menjadi mitra dalam pembangunan MSG dan PIF. Presiden Jokowi pun turut senang melihat sejumlah perkembangan pembangunan fasilitas publik yang telah dilaksanakan di Fiji dan juga Papua Nugini.

Turut mendampingi Presiden dalam pertemuan tersebut yakni Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi, dan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. (BPMI SETPRES/UN)

Berita Terbaru