Untuk Meningkatkan Kinerja, Sekretariat Kabinet Laksanakan Survei Pelayanan Sidang Kabinet

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 23 November 2017
Kategori: Berita
Dibaca: 11.779 Kali

DSC_4898_editKedeputian Dukungan Kerja Kabinet (DKK) merupakan salah satu unit kerja di Sekretariat Kabinet (Setkab) yang menjadi lokus pelaksanaan survei tentang hasil pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Setkab. Hal ini dikarenakan Kedeputian DKK adalah penyelenggara persidangan kabinet yang bertugas memberikan pelayanan sidang kabinet atau rapat terbatas kepada pimpinan kementerian/lembaga.

Pernyataan tersebut disampaikan Asisten Deputi Bidang Penyelenggaraan Persidangan, Sjahriyati Rochmah saat membuka Forum Group Discussion (FGD) tentang Survei Hasil Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Sekretariat Kabinet Tahun 2017 di Gedung lll Kementerian Sekretariat Negara, Kamis (23/11).

“Dalam posisi demikian, kami perlu mendapatkan masukan dari Bapak/Ibu untuk bisa meningkatkan pelaksanaan fasilitasi kami sehingga ada peningkatan reformasi birokrasi di Sekretariat Kabinet ini,” ujar Asdep Bidang Penyelenggaraan Persidangan.

Apapun saran yang ingin disampaikan oleh Kementerian Pendayagunaan Negara dan Reformasi Birokrasi atau dalam hal ini diwakili oleh Tim Sucofindo, lanjut Sjahriati, dipersilakan untuk tidak ragu-ragu agar mendapatkan hasil yang lebih baik untuk pelayanan di tahun 2018.

Survei yang dilakukan selama ini, menurut Asdep Bidang Penyelenggaraan Persidangan, telah secara berkala diadakan survei kepada para menteri saat pelaksanaan sidang kabinet paripurna.

“Namun kepada Bapak/Ibu menteri kami tidak memberikan pertanyaan yang panjang atau open question. Jadi lebih kepada multiple choice dan pertanyaan yang singkat dan padat, mengingat beliau-beliau hanya memberikan waktu lima menit sebelum pelaksanaan sidang kabinet paripurna (SKP) yang paling lama membutuhkan waktu 10 menit,” jelas Sjahriyati.

Untuk survei tengah tahun kepada para menteri, lanjut Asdep Bidang Penyelenggaraan, sudah dilaksanakan dan mendapatkan nilai sebesar lebih 96,7 persen.

Responden survei, urai Asdep Bidang Penyelenggaraan, dilakukan kepada para menteri sejumlah yang hadir saat SKP.

Sementara Kepala Biro Akuntabilitas Kinerja dan Reformasi Birokrasi (AKRB), Yulyati Kristina menyampaikan terima kasih kepada perwakilan kementerian/lembaga yang berkenan untuk mengikuti survei atas pelayanan publik di Setkab.

“Untuk survei ini tidak semata untuk menghasilkan angka atau nilai, tapi lebih kepada mengedepankan ada feedback dari Bapak/Ibu semua. Feedback ini diharapkan dapat meningkatkan kinerjanya deputi DKK,” kata Yuli.

Nilai yang didapatkan diakui oleh Yuli memang sudah tinggi, harapannya dapat dipertahankan, kalau bisa ditingkatkan lebih tinggi lagi. Ia menambahkan jika lebih tinggi berarti kinerja Setkab dalam mendukung Presiden dan juga peserta sidang kabinet dapat dilaksanakan dengan baik.

“Kami harapkan selaku responden dapat menjawab sesuai dengan kondisi yang ada, di lapangan seperti apa dan kalau ada saran dan masukan untuk kami sehingga kami dapat memperbaiki diri,” pungkas Yuli.

Pejabat yang hadir dalam acara tersebut  diantaranya Asdep Penyelenggaraan Persidangan Sjahriyati Rohmah, Kepala Biro AKRB, Yulyati Kristina, Asdep Pelaporan Persidangan Heru Priantono, dan pejabat lainnya serta perwakilan dari Kementerian/lembaga.(SM/AGG/EN)

Berita Terbaru