Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci, 17 Agustus 2020, di Taman Makam Pahlawan Nasional, Kalibata, Provinsi DKI Jakarta

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 17 Agustus 2020
Kategori: Amanat/Arahan
Dibaca: 117 Kali

Dalam rangka memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan Ke-75 Republik Indonesia, kami yang hadir hari ini, Senin, tanggal 17 Agustus 2020, pukul 00.00, pada upacara mengenang arwah dan jasa para pahlawan nusa dan bangsa, yang telah bersemayam di taman makam ini sebanyak:

  1. TNI dan Polri, 9.131 pahlawan;
  2. Badan Perjuangan, 877 pahlawan;
  3. Tokoh nasional, 51 pahlawan;
  4. Tidak dikenal, 43 pahlawan.

jumlah 10.102 pahlawan. Begitu pun para pahlawan yang tidak dikenal nama dan tempatnya, di kota-kota, di dusun-dusun, di lereng-lereng gunung, di lembah-lembah ngarai, dan di dasar-dasar lautan. Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keridaan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa.

Kami bersumpah dan berjanji, perjuangan para pahlawan adalah perjuangan kami pula, dan jalan kebaktian yang ditempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa, ditempatkan yang sebaik-baiknya.

Amanat/Arahan Terbaru