Upacara HUT Kemerdekaan RI Pertama di Pulau Karimata

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 19 Agustus 2016
Kategori: Nusantara
Dibaca: 13.595 Kali

17 Karimata“Menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman kepada seluruh warga negara”. Hal tersebut tampak juga dalam Upacara Bendara  peringatan HUT Kemerdekaan ke-71 RI di kepulauan Karimata, tepatnya tepatnya di Desa Padang, Kecamatan Pulau Maya Karimata,  Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat.

Warga antusias menyambut kehadiran para peserta upacara dari berbagai daerah di Indonesia. Kepulauan Karimata berjarak sekitar 180 km dari Sukadana, memiliki sekitar 60 pulau kecil yang menjadi potensi wisata Kabupaten Kayong Utara, dengan pulau yang paling populer diantaranya Pulau Kayang, Betok dan Pelapis.

Upacara HUT Kemerdekaan RI merupakan hal yang lumrah diselenggarakan berbagai institusi di sejumlah kota besar di Indonesia. Namun demikian, bagi para penduduk yang hidup di Pulau Karimata, upacara HUT Kemerdekaan RI menjadi kesan tersendiri  di hati  penduduk setempat, mengingat hal tersebut merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan di daerah mereka.  Demikian dari perbincangan dengan warga setempat.

Berada jauh dari kota besar, menjadikan penduduk di Pulau Karimata yang terpencil merasa di perhatikan pemerintah. Kurangnya akses transportasi, komunikasi dan listrik tidak menghalangi warga sekitar yang rela berjalan kaki untuk datang ke lokasi upacara, terutama bagi warga yang berasal dari desa lain di Pulau Karimata yang bertempat tinggal lebih dari 10 kilometer dari lokasi acara di Lapangan Sepakbola Desa Padang.

Upacara 17 Agustus di Karimata yang dipimpin oleh Deputi Bidang SDM, Iptek dan Budaya Maritim Kemenko Bidang Kemaritiman tersebut berlangsung dengan lancar. Perpaduan antara anggota paskibra dan anak-anak pelantun lagu Indonesia Raya saat pengibaran Sangsaka Merah Putih menambah khidmat suasana upacara tersebut.

Turut hadir dalam upacara tersebut diantaranya Bupati Kayong Utara, perwakilan dari Sekretariat Kabinet, Kemenko Bidang Kemaritiman, Kementerian PUPR, Dewan Kelautan Indonesia, BKKBN, Basarnas, TNI, pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan Pemda Kayong Utara. Selain itu tampak pula di dekat area lapangan upacara tersebut, rombongan masyarakat sekitar yang turut hadir menyaksikan pelaksanaan upacara.

Selain pelaksanaan upacara di lapangan, dilangsungkan pula upacara pengibaran bendera di dasar laut. Turut hadir dalam upacara di dasar laut tersebut diantaranya perwakilan dari Kemenko Bidang Maritim, Kementerian KKP, Basarnas, Brimob, POSSI, dan media nasional sebagai peliput kegiatan.

Pelaksanaan rangkaian kegiatan upacara tersebut juga merupakan bagian dari promosi kegiatan tahunan Pemerintah, yaitu Sail Karimata 2016, yang akan dilaksanakan pada 15 Oktober 2016 di Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara.

Selain itu, penyelenggaraan acara tersebut tentunya selaras pula dengan Nawacita Pemerintahan Presiden Jokowi, terutama butir ke-1 dan ke-3 yaitu “Menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman kepada seluruh warga negara. “, dan “Membangung Indonesia dari Pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan”, dengan maksud menjaga kedaulatan maritim Indonesia dengan luas wilayah lautan yang sangat besar, serta dalam rangka pemerataan pembangunan antar wilayah terutama desa. (M. Hilmansyah, Keasdepan Kepariwisataan, Ristek, dan Lingkungan Maritim Setkab, ES)

Nusantara Terbaru