Upacara Peringatan Hari Bhayangkara Ke-78 Tahun 2024 di Pelataran Merdeka Monumen Nasional, Provinsi DKI Jakarta, 01 Juli 2024

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 1 Juli 2024
Kategori: Sambutan
Dibaca: 215 Kali

Sambutan Presiden Joko Widodo pada Upacara Peringatan Hari Bhayangkara Ke-78 Tahun 2024 di Pelataran Merdeka Monumen Nasional, Provinsi DKI Jakarta, 01 Juli 2024

Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Salam sejahtera bagi kita semuanya,
Om swastiastu,
Namo Buddhaya,
Salam kebajikan.

Yang saya hormati Wakil Presiden Republik Indonesia beserta Ibu;
Yang saya hormati Ibu Negara Keempat Republik Indonesia Ibu Hajjah Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid;
Yang saya hormati Wakil Presiden ke-10 dan 12 Republik Indonesia Bapak Haji Muhammad Jusuf Kalla;
Yang saya hormati Ketua dan Wakil Ketua lembaga-lembaga tinggi negara;
Yang saya hormati Presiden Terpilih Republik Indonesia Bapak Prabowo Subianto;
Yang mulia para Duta Besar negara-negara sahabat, para Menteri Kabinet Indonesia Maju;
Yang saya hormati Kepala Kepolisian Republik Indonesia [Polri], beserta keluarga besar Polri;
Yang saya hormati Panglima TNI beserta seluruh jajarannya,
Sesepuh, senior, dan para purnawirawan yang Polri saya hormati;
Hadirin sekalian yang saya muliakan.

Selamat sore!

Selamat sore!

Pertama-tama, saya ingin menyampaikan ucapan selamat Hari Bhayangkara yang ke-78 kepada seluruh keluarga besar Polri di manapun saudara-saudara bertugas. Serta, terima kasih atas kerja keras, atas pengabdian seluruh anggota Polri dalam menjaga stabilitas dan keamanan proses demokrasi Pemilu 2024 dan agenda-agenda besar pembangunan Indonesia, sehingga bangsa kita mampu tetap tumbuh di tengah tantangan dan ketidakpastian global saat ini.

Keluarga besar Polri yang saya hormati,
Polri yang memiliki peran sentral di masyarakat, selalu bersentuhan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat. Polri tidak ada liburnya. Polri ada di mana-mana, tidak ada wilayah yang terlewatkan bagi Polri. Tapi di sisi lain, artinya rakyat juga melihat dari dekat seluruh gerak-gerik dan tindak tanduk Polri.

Saya senang beberapa survei terbaru menunjukkan citra Polri yang semakin baik, bahkan menempati urutan tertinggi kedua. Ini patut kita syukuri serta harus dipertahankan dan ditingkatkan. Dengan apa? Dengan komunikasi publik yang baik, dengan menjadi contoh, dengan menjadi teladan, dengan membangun etika pelayanan yang berorientasi kepada rakyat. Karena tantangan ke depan tidaklah semakin mudah, baik dari sisi geopolitik, dari sisi ekonomi, teknologi, iklim, semuanya semakin rumit dan penuh dengan ketidakpastian.

Di sisi lain, pelaksanaan tugas Polri juga sangat berpengaruh terhadap ketahanan bangsa dalam menghadapi beragam tantangan, serta daya saing kita di tengah kompetisi global. Sehingga ke depan Polri harus semakin lincah, harus semakin adaptif, dan memiliki cara pandang strategis, harus menjadi cooling system dan perekat kebinekaan, harus profesional dan tidak tebang pilih dalam penegakan hukum, serta harus memiliki kemampuan teknis yang lebih unggul dari pelaku-pelaku kejahatan. Apalagi dalam menghadapi kejahatan transnasional yang semakin kompleks dan canggih, Polri juga harus mampu mengikuti perkembangan iptek [ilmu pengetahuan dan teknologi] dan menjalin kerja sama untuk memperkuat keamanan negeri kita.

Selain itu, sebentar lagi kita akan memasuki tahapan Pilkada 2024. Saya minta Polri turut mendukung dan menyukseskan pesta demokrasi ini. Jaga netralitas, jaga stabilitas, dan jaga demokrasi kita, agar pilkada dapat berlangsung aman, jujur, dan adil.

Sekali lagi,  selamat Hari Bhayangkara ke-78. Jadilah insan bhayangkara yang menjunjung tinggi Tribrata Polri yang solid secara internal, yang sinergis secara eksternal, khususnya dengan TNI, serta setia melayani dan mengayomi masyarakat. Dirgahayu Polri!

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sambutan Terbaru