Usai Lawatan ke Uni Eropa, Presiden Jokowi Tiba di Jakarta

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 23 April 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 30.584 Kali
Presiden Jokowi tiba di Indonesia usai lawatannya ke 4 negara di Uni Eropa, Sabtu (23/4) sore. (Foto: Humas/Nia)

Presiden Jokowi tiba di Indonesia usai lawatannya ke 4 negara di Uni Eropa, Sabtu (23/4) sore. (Foto: Humas/Nia)

Usai melakukan kunjungan kerja selama 5 hari ke 4 negara di Uni Eropa yaitu Republik Federal Jerman, Kerajaan Inggris, Kerajaan Belgia, dan Kerajaan Belanda, Presiden Jokowi tiba di Bandar Udara Halim Perdanakusuma Jakarta, Sabtu (23/4) sore. Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 yang pukul 16.45 WIB.

Di tangga pesawat, Presiden Jokowi disambut Wakil Presiden Jusuf Kalla. Turut menjemput Presiden di Bandara Halim Perdanakusuma, Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama, Menko Kemaritiman Rizal Ramli, Menteri PAN RB Yuddy Chrisnandi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Staf Presiden Teten Masduki, Kapolri Badrodin Haiti, dan Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

Fokus Kerja Sama Berbeda di Setiap Negara

Dalam keterangan persnya kepada wartawan di Bandara Halim Perdanakusuma (23/4), Presiden mengungkapkan di setiap negara yang dikunjungi, memiliki komitmen dan prioritas kerja sama yang berbeda.

Di Jerman ungkap Presiden Jokowi, hanya fokus satu saja, yaitu di pelatihan dan pendidikan vokasi.

“Vocational school, vocational training untuk menciptakan tenaga terampil yang sesuai dengan kebutuhan pasar dan kompetitif,” kata Presiden

Dalam kunjungan ke Inggris, lanjut Presiden, fokus kerja samanya  yaitu di bidang kreatif ekonomi dan creative industry.

“Nanti akan segera ditindaklanjuti oleh Bekraf. Saya senang kemarin melihat lima desainer muda Indonesia yang memajang produknya di department store besar yang ada di London,” ungkap Presiden.

Sementara Belgia atau juga dengan Uni Eropa, kata Presiden, kecepatan Indonesia dalam menyelesaikan scoping paper  Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) sangat dihargai.

“Kita tinggal melanjutkan kepada negoisasinya,” ujar Jokowi.

Presiden Jokowi memberikan keterangan pers mengenai hasil kunjungannya ke Uni Eropa (23/4) (Foto: Humas/Nia)

Presiden Jokowi memberikan keterangan pers mengenai hasil kunjungannya ke Uni Eropa (23/4) (Foto: Humas/Nia)

Terakhir, dengan Belanda, fokus kerja samanya adalah terkait dengan maritim dan pengelolaan air.

“Nantinya bulan November Perdana Menteri Belanda juga akan berkunjung ke Indonesia beserta delegasi bisnis yang ada,” kata Jokowi

Pertemuan dengan Pengusaha

Dalam setiap kunjungan ke-4 negara tersebut, Presiden juga menghadiri forum bisnis pengusaha Indonesia dan pengusaha setiap negara kunjungan.

“Total deal business to business yang saya catat, ini di luar kita, ada USD 20,5 milyar,” pungkas Jokowi.

Selama kunjungan ke Uni Eropa, Presiden didampingi Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menlu Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Seskab Pramono Anung, dan Kepala BKPM Franky Sibarani. (UN)

Berita Terbaru