Usai Terima Pimpinan DPR, Presiden Jokowi Terima Pimpinan DPD RI

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 16 Desember 2016
Kategori: Berita
Dibaca: 27.000 Kali
Para Pimpinan dan Ketua Alat Kelengkapan Dewan Perwakilan Daerah (DPD), di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (16/12) siang. (Foto: Humas/Jay)

Para Pimpinan dan Ketua Alat Kelengkapan Dewan Perwakilan Daerah (DPD), di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (16/12) siang. (Foto: Humas/Jay)

Usai menerima kunjungan sejumlah pimpinan DPR, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menerima kunjungan Pimpinan dan Ketua Alat Kelengkapan Dewan Perwakilan Daerah (DPD), di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (16/12) siang.

Ketua DPD Mohammad Saleh mengungkapkan, dalam pertemuan yang merupakan forum konsultasi itu dibahas sejumlah hal, beberapa di antaranya ialah penguatan kelembagaan DPD melalui usul amandemen maupun perubahan Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3), dan juga percepatan pembangunan kawasan Indonesia Timur, kemiskinan, serta disparitas pendapatan antar wilayah.

Tak hanya itu, dalam pertemuan tersebut, menurut Saleh, turut dibahas mengenai otonomi khusus Papua serta pembentukan daerah otonomi baru (DOB). Ia juga menegaskan bahwa DPD akan selalu mendukung sekaligus mengkritisi program-program yang dijalankan pemerintah.

“Selain itu banyak aspek lain yang dibahas, mengenai otsus Papua, kemudian juga masalah pembentukan daerah otonomi baru. Ini beberapa pokok yang dibahas dalam rapat konsultasi tadi. Dan pada intinya, DPD RI tetap mengkritisi dan men-support program-program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah,” kata Saleh kepada wartawan usai bersama pimpinan DPD RI diterima Presiden Jokowi, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (16/12) siang.

Pihak DPD sendiri juga sempat menyinggung perihal program dana desa yang dijalankan pemerintah. Pihaknya mengapresiasi peningkatan dana transfer daerah yang meningkat setiap tahunnya.

“Kita terus mendorong agar upaya peningkatan dana transfer daerah dan dana desa itu dari tahun ke tahun terus ditingkatkan. Ini juga kita melihat bahwa pemerintah sudah mulai melaksanakan itu. Kita lihat dari tahun 2016 dan 2017 itu kenaikannya juga cukup signifikan,” pujinya.

Mendampingi Presiden dalam rapat konsultasi bersama tersebut ialah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Wiranto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan juga Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Sementara dari DPD sendiri hadir di antaranya Ketua DPD RI Mohammad Saleh, Wakil Ketua DPD GKR. Hemas, Farouk Muhammad, beserta sejumlah ketua kelengkapan DPD RI. (FID/ES)

Video terbaru:
Pengantar Presiden pada Rapat Terbatas Penanganan Bencana Gempa Bumi di Aceh
Keterangan Pers pada Rapat Terbatas Penanganan Bencana Gempa Bumi di Aceh

Berita Terbaru