Usai Upacara Penurunan, Kereta Kencana Bawa Kembali Bendera Merah Putih ke Monas

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 17 Agustus 2017
Kategori: Berita
Dibaca: 21.699 Kali
Presiden Jokowi saat acara penurunan bendara dalam rangkaian Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia, di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8) sore. (Foto: BPMI)

Presiden Jokowi saat acara penurunan bendara Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia, di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8) sore. (Foto: BPMI)

Upacara Penurunan Bendera Merah Putih yang sekaligus mengakhiri rangkaian Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia, di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8) sore, berlangsung khidmat.

Seperti pada upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, pagi hari, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali bertindak selaku Inspektur Upacara pada upacara penurunan bendera itu.

Tim Merah yang pada sore itu bertugas, menyerahkan kembali bendera Merah Putih kepada Presiden Jokowi di mimbar kehormatan. Selanjutnya dengan kirab kereta kencana, bendera Merah Putih dan naskah Proklamasi diantar kembali menuju tempatnya di Monumen Nasional (Monas) untuk disimpan.

Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, menerangkan bahwa hal tersebut merupakan salah satu bagian dari pertunjukan seni yang diharapkan dapat menjadikan upacara kemerdekaan ini semakin menarik.

“Ini menunjukkan kesakralan. Ini juga bagian dari sebuah seni yang bisa diungkapkan sehingga dunia, termasuk bangsa ini, tahu bahwa hal itu bisa menjadikan upacara ini menjadi luar biasa,” kata Heru.

Dalam upacara penurunan bendera Merah Putih ini, Kabid Propam Polda Jatim Kombes Pol Indra Jafar, S.I.K., yang merupakan lulusan Akademi Kepolisian tahun 1995, bertindak selaku Komandan Upacara. Sedangkan Ruth Cheline Eglesya Purba yang berasal dari Provinsi Sumatra Utara dipercaya sebagai pembawa bendera yang diserahkan kembali kepada Presiden Jokowi selaku inspektur upacara.

Sementara itu, Kelompok 8 yang bertugas menurunkan bendera terdiri atas Mohamad Alfin Abas sebagai Komandan Kelompok 8 dari Provinsi Gorontalo, Muhammad Wildan Arsyad Muzakky sebagai penarik bendera yang mewakili Provinsi Jawa Timur, dan Alfares Deo Simangunsong sebagai pembentang bendera dari Provinsi Kalimantan Timur.

Seperti juga pada upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, dalam upacara Penurunan Bendera Merah Putih ini, Presiden melalui Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan hadiah sepeda bagi undangan yang hadir dengan busana daerah paling menarik. (BPMI Setpres/ES)

Berita Terbaru