Wapres: DPD Miliki Peran Penting Cegah Penularan Covid-19 di Daerah

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 2 Oktober 2020
Kategori: Berita
Dibaca: 118 Kali

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menghadiri konferensi video peringatan Hari Ulang Tahun Ke-16 DPD RI, Kamis (1/10), dari kediaman resmi Wapres, Jakarta. (Foto: KIP-SETWAPRES)

Peran Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI yang melekat dengan masyarakat di daerah sangatlah strategis dalam upaya pencegahan penularan Covid-19. Untuk itu, peran aktif para tokoh perwakilan daerah guna menghimbau masyarakat di daerahnya agar mentaati protokol kesehatan sangatlah penting. Hal tersebut disampaikan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin dalam sambutannya pada konferensi video peringatan Hari Ulang Tahun Ke-16 DPD RI, Kamis (1/10), dari kediaman resmi Wapres, Jakarta.

“Masyarakat di daerah akan lebih mudah untuk menerima himbauan dari para tokoh-tokoh masyarakatnya untuk selalu mematuhi kedisiplinan dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan, serta berbagai upaya pencegahan dan penanggulangan pandemi ini, sehingga kehidupan sosial dan ekonomi dapat segera pulih kembali,” ujar Wakil Presiden.

Lebih lanjut, Wapres mengutip arahan Presiden pada pertemuan secara virtual dengan para kepala daerah, awal September 2020 lalu, bahwa belanja negara atau daerah merupakan salah satu solusi pemulihan ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

“Penyerapan belanja daerah harus segera direalisasikan agar pertumbuhan ekonomi nasional tahun ini dapat mencapai angka positif, insyaallah,” terangnya.

Untuk itu, Wapres meyakini DPD memiliki peran penting dalam mendorong daerah untuk melaksanakan arahan Presiden tersebut, agar segera mengoptimalkan berbagai sumber daya dan dana yang tersedia serta potensi yang dimiliki, guna menjaga kesejahteraan masyarakat.

“Saya mengapresiasi sambutan Saudara Ketua, bahwa DPD RI mendorong seluruh komponen bangsa termasuk pemerintah daerah untuk dapat bersatu, bahu membahu mengatasi persoalan guna menghasilkan kebijakan yang selaras dengan Pemerintah Pusat dalam mengatasi pandemi ini secara bersama-sama,” tuturnya. (KIP-Setwapres/UN)

Berita Terbaru