Wisata Susur Gua Pindul dan Rafting Sungai Oya, di Gunung Kidul

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 13 Mei 2015
Kategori: Opini
Dibaca: 36.513 Kali
Gua Pindul yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul.

Gua Pindul yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul.

Tahukah Anda di Gunung Kidul terdapat beberapa tempat wisata yang patut untuk dikunjungi, diantaranya adalah susur gua pindul dan rafting kali oya.

Gua Pindul adalah objek wisata berupa gua yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Gua Pindul terbilang unik karena cara menyusuri gua yang dilakukan dengan menaiki ban pelampung diatas aliran sungai bawah tanah di dalam gua. Kegiatan menyusuri gua ini dikenal dengan istilah cave tubing.

Panjang Gua Pindul adalah 350 meter dengan lebar 5 meter. Jarak permukaan air dengan atap gua 4 meter. Penelusuran gua Pindul memakan waktu kurang lebih 1 jam. Aliran sungai yang berada di dalam gua Pindul berasal dari mata air Gedong Tujuh.

Goa Pindul diresmikan oleh Almarhum Sumpeno Putro, Bupati Gunungkidul, pada 10 Oktober 2010, bertepatan dengan fam tour pejabat Kabupaten Gunung Kidul. Goa Pindul dulunya hanya sebuah goa yang tidak terawat dan dijadikan sarang kelelawar. Berkat inisiatif warga sekitar dan dibantu para mahasiswa yang sedang KKN, tempat ini sekarang menjadi primadona wisatawan lokal maupun mancanegara.

Goa Pindul memiliki stalaktit terbesar keempat di dunia dan ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri. Goa Pindul juga menyimpan mitos yang diyakini hingga saat ini, bahwa tetesan air dari stalaktit di tengah goa konon bisa menjadikan pengunjung awet muda.

Anda belum kesana? Dijamin seru deh…….

Tebing Sungai Oya, tempat bermain rafting atau arung jeram

Tebing Sungai Oya, tempat bermain rafting atau arung jeram

Selain wisata susur gua (cave tubing) di Gua Pindul, tidak jauh dari sana juga terdapat wisata rafting atau arung jeram sungai Oya. Di sepanjang aliran sungai oya terdapat tebing-tebing yang indah dan alami khas batuan kars Gunung Kidul. Di sana kita dapat menikmati keindahan aliran sungai Oya dengan menggunakan ban seperti halnya di gua Pindul. Rafting di sungai Oya pastinya ditemani oleh pemandu yang sudah berpengalaman, dan juga telah disediakan peralatan yang membuat wisatawan aman dan nyaman.

Jarak tempuh rafting di sungai oya diperkirakan sepanjang 1500 m dengan kedalaman 1-2 m bila musim kemarau dan  7-11 meter di musim penghujan. Durasi perjalanan rafting sekitar 1-2 jam.

Ada air terjun yang sangat indah terdapat di sungai Oyo. Di sana pengunjung dapat bermain-main di bawah deburan air terjun yang cukup deras. Selain itu, pengunjung bisa juga melompat dari pinggir tebing. Dijamin seru. Tentu saja bagi yang nyalinya besar dan suka tantangan.

Sayangnya infrastruktur untuk mencapai tempat wisata tersebut kurang begitu bagus,  bahkan tempat-tempat wisata tersebut belum dibuatkan Peraturan Daerahnya. Kita berharap pemerintah setempat cepat memperbaiki infrastrukturnya, dan juga cepat dibuatkan payung hukumnya, agar wisatawan dapat lebih aman dan nyaman menikmati wisata disana.  Namun kekurangan tersebut tidak menghalangi serunya berwisata, apalagi yang suka tantangan.

Selamat menikmati tour wisata “susur gua Pindu” dan “rafting kali oya”. Selain kita wisata alam, sekaligus kita wisata sejarah dan budaya. (YL/DPOK).

Opini Terbaru