Zulkifli Hasan Terpilih Jadi Ketua MPR-RI 2014-2019

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 8 Oktober 2014
Kategori: Berita
Dibaca: 34.463 Kali
Zulkifli Hasan dan Osman Sapta Odang

Zulkifli Hasan dan Osman Sapta Odang

Setelah melalui proses persidangan yang panjang sejak Selasa (7/10) pagi, mantan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan (51) dari Partai Amanat Nasional (PAN) terpilih sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR-RI) untuk masa jabatan tahun 2014-2019, dalam rapat paripurna MPR-RI yang dipimpin oleh pimpinan sementara Maimanah Umar dan Ade Rizki Pratama, pada Rabu (8/10) pukul 04.20 WIB.

Dalam pemilihan yang dilakukan dengan sistem pemungutan suara (voting) itu, Zulkifli Hasan tergabung dalam paket B diusung oleh partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih (KMP), yaitu Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Demokrat, PAN, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Dalam voting, Paket B yang terdiri atas Zulkifli Hasan (PAN), Mahyudin (Golkar), EE. Mangindaan (Demokrat), Hidayat Nur Wahid (PKS), dan Osman Sapta Odang (DPD) memperoleh dukungan 347 suara mengungguli Paket A yang memperoleh 330 suara. Sedang 1 suara lagi abstain.

Paket A yang diusung oleh Koalisi Indonesia Hebat (KIH) didukung oleh PDI Perjuangan (PDIP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasdem, Partai Hanura, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) terdiri atas Osman Sapta Odang (DPD), Salah Basarah (PDIP), Imam Nahrawi (PKB), Patrice Rio Capella (Nasdem), dan Hasrul Azwar (PPP).

Sekitar pukul 05.25 WIB, Ketua Mahkamah Agung (MA) M. Hatta Ali mengambil sumpah Zulkifli Hasan sebagai Ketua MPR-RI periode 2014-2019 didampingi oleh Wakil Ketua Mahyudin, EE. Mangindaa, Hidayat Nur Wahid, dan Osman Sapta Odang.

Dalam sambutannya seusai diambil sumpahnya, Ketua MPR-RI Zulkifli Hasan mengatakan, dengan telah terpilihnya kepemimpinan baru MPR-RI, tidak ada lagi Paket A atau Paket B, yang ada adalah Paket Indonesia , Paket NKRI.
Ia menyebutkan, agenda terdekat MPR-RI adalah melakukan pelantikan Presiden Terpilih hasil Pemilu Presiden (Pilpres) 2014, dan mengisi kelengkapan formasi di MPR-RI. (ES)

Berita Terbaru