Dialog dengan Perwakilan Masyarakat Poso dan Merauke (melalui konferensi video), 17 Agustus 2021, dari Istana Merdeka, Provinsi DKI Jakarta

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 17 Agustus 2021
Kategori: Dialog
Dibaca: 100 Kali

Perwakilan Masyarakat Merauke, Papua
Izin yang terhormat Bapak Presiden Republik Indonesia serta Bapak Wakil Presiden Republik Indonesia. Izinkan kami masyarakat Merauke mengucapkan dirgahayu. Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden yang telah memberikan [kesempatan] kepada kami di Merauke untuk berinteraksi langsung dengan Bapak Presiden pada momentum Hari Kemerdekaan ini.

Kami bersyukur di usia Negara Kesatuan Republik Indonesia yang ke-76 ini, kami warga Merauke senantiasa hidup dalam kedamaian dan kerukunan, karena Merauke adalah istana damai.

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Terima kasih, Merauke. Nanti ketemu di bulan Oktober saat PON [Pekan Olahraga Nasional], insyaallah nanti sekaligus kita resmikan PLBN [Pos Lintas Batas Negara] di Sota.

Terima kasih, Dirgahayu Republik Indonesia.
Terima kasih, Merauke.
Poso, silakan.

Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah (Abdul Rakhman Baso)
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Selamat siang,
Salam sejahtera bagi kita semua,
Shalom,
Om Swastiastu.

Salam merdeka,
Salam Indonesia tangguh,
Salam Indonesia tumbuh.

Yang kami hormati, kami muliakan Bapak Presiden, kami Jajaran Satgas Madago Raya bersama masyarakat Dusun Manggalapi mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas waktu yang diberikan kepada kami, sehingga kami dapat berinteraksi dengan Bapak Presiden di momen Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kami laporkan Bapak Presiden, saat ini saya Kapolda Sulawesi Tengah bersama Danrem 132 Tadulako, bersama Wakil Ketua III DPRD Provinsi Sulawesi Tengah, Kaopsda Madago Raya, Danlanud Palu, Dandim Donggala, dan Kapolres Sigi dan Parigi, serta perwakilan masyarakat Dusun Manggalapi.

Dusun ini adalah salah satu daerah operasi Madago Raya. Dan sampai hari ini kami laporkan, Bapak Presiden, secara umum situasi kamtibmas di wilayah Polda Sulawesi Tengah dalam keadaan kondusif, alhamdulillah.

Berkaitan dengan gangguan DPO teroris Poso, sejak kami lakukan penindakan tiga kelompok DPO beberapa waktu yang lalu sampai hari ini dalam keadaan kondusif, tidak ada aksi teror, apalagi pada momen Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan RI.

Kemudian juga kami di tempat ini bersama masyarakat Dusun Manggalapi yang sekian puluh tahun tidak pernah melaksanakan upacara 17 [Agustus]. Dan hari ini kami bersama-sama dengan aparat TNI-Polri, bersama pemda dan didukung oleh masyarakat, telah melaksanakan Upacara Detik-detik Proklamasi yang ke-76 seperti yang tergambar tadi.

Dan sekaligus kami laporkan Bapak Presiden, masyarakat Dusun Manggalapi sangat bangga dan haru, karena pada saat momentum ini mereka bisa berterima kasih dan melihat langsung Bapak Presiden pada momen Peringatan Detik-detik Proklamasi Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Demikian, Bapak Presiden.
Terima kasih.

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Terima kasih, Pak Kapolda, atas kerja kerasnya sehingga Poso sekarang ini jauh lebih aman dan kita harapkan waktu-waktu mendatang segera diselesaikan dari sisa tugas yang sudah kita berikan.

Sekali lagi, Dirgahayu Republik Indonesia.
Merdeka!
Terima kasih.

Kepala Dusun Manggalapi
Kami sangat bersyukur dan berterima kasih dengan adanya upacara ini, upacara yang perdana. Bahkan masyarakat saya pun perdana baru memasuki untuk upacara bendera.

Kemarin pada waktu dikibarkan bendera, mereka merasa sangat merdeka dengan adanya pengibaran bendera Merah Putih. Itulah yang kami selalu syukuri di tempat ini.

Kami di tempat ini adalah merupakan tanah yang subur juga, tetapi akses jalan kami yang membatasi kami, sehingga mobilitas masyarakat sangat sulit. Mohon izin, transportasi juga sangat sulit.

Dan mohon izin juga Bapak Presiden pada saat ini kami yang ada di Manggalapi mayoritas Kristiani, minoritasnya Muslim. Tapi kami di sini hidup rukun dan damai, tidak ada berselisih paham satu dengan yang lain.

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Terima kasih, yang paling penting sekali lagi, dijaga keamanannya bersama-sama antara TNI-Polri dan masyarakat bersama-sama menjaga keamanan.

Terima kasih.

Dialog Terbaru