Dialog dengan Peserta Vaksinasi COVID-19 Gotong Royong untuk Pekerja, 18 Mei 2021, di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat

Oleh Humas
Dipublikasikan pada 18 Mei 2021
Kategori: Dialog
Dibaca: 256 Kali

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Selamat pagi.
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Saya senang sekali pagi hari ini bisa bertemu dengan Bapak-Ibu dan Saudara-saudara sekalian karena Vaksinasi Gotong Royong pagi hari ini telah dimulai. Saya berada di PT Unilever, di Jababeka, dan saya melihat ada 18 lokasi perusahaan/pabrik/industri yang juga bersama-sama melaksanakan Vaksinasi Gotong Royong.

Kita harapkan dengan telah dimulainya vaksinasi di industri, di manufaktur, di pabrik, di lokasi-lokasi produktif kawasan-kawasan industri, kita harapkan semuanya nanti terlindungi dari penyebaran COVID-19. Kita harapkan kawasan-kawasan produksi, kawasan-kawasan industri/pabrik/perusahaan-perusahaan yang produktif ini akan bisa bekerja lebih produktif lagi dan tidak terjadi penyebaran COVID-19 di perusahaan-perusahaan.

Saya juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh perusahaan, manajemen dan karyawan dan juga tentu saja KADIN yang telah bersama-sama melaksanakan Vaksinasi Gotong Royong ini, yang kita harapkan ini akan segera membangun sebuah herd immunity/kekebalan komunal, kekebalan komunitas dan penyebaran COVID-19 bisa kita hambat dan kita bisa hilangkan dari negara yang kita cintai ini. Terima kasih.

Silakan, kalau ingin ada yang menyampaikan.

Stephanie Susanto (PT Sinar Mas Agribusiness and Food)
Selamat pagi, Bapak Presiden. Terima kasih sebelumnya. Izinkan saya memperkenalkan diri, nama saya Stephani Susanto dari Sinar Mas mewakili dari rekan-rekan Sinar Mas Agribusiness and Food. Bersama saya sudah ada manajemen operasional Pak Budiono dan juga Pak Agus tentunya mengucapkan selamat datang Pak, kepada Bapak Presiden dan juga Menteri dan jajaran lainnya. Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan partisipasinya kepada kami tentunya, memperlihatkan secara langsung dan juga dukungan Vaksin Gotong Royong yang sedang berlangsung di Sinar Mas Agribusiness and Food Marunda yang dilaksanakan secara virtual, yang disaksikan oleh Bapak dari Jababeka.

Tentunya Pak, kami dari keluarga besar Sinar Mas ini merasa optimis sekali. Pak. Ini merupakan upaya dukungan dari pemerintah untuk memutus mata rantai COVID-19 dalam Vaksin Gotong Royong. Kami yakin ini juga dapat mempercepat proses pemulihan perekonomian Indonesia, termasuk juga menjaga kelancaran produktivitas biodiesel yang mana juga ini merupakan program sukses pemerintah.

Pak Jokowi dan juga Bapak-Ibu sekalian, persis di belakang saya ini kita sedang melaksanakan vaksin yang sudah dilaksanakan pada pukul 08.15 WIB, Pak. Pada hari ini Sinar Mas Agribusiness and Food rencananya juga akan memvaksin 600 karyawan, Pak yang hari ini akan kami jangkau lagi 3.000, Pak. Demikian Pak, informasinya

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Hari ini…hari ini… berapa hari ini yang divaksin?

Stephanie Susanto (PT Sinar Mas Agribusiness and Food)
Pak Jokowi, hari ini kami akan memvaksin 600 karyawan Pak dari Sinar Mas Agribusiness and Food dan rencananya kami akan menjangkau 3.000 orang karyawan dalam tahap pertama secara bertahap, Pak Jokowi.

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Hmm, 3.000 (orang) totalnya nanti?

Stephanie Susanto (PT Sinar Mas Agribusiness and Food)
Tahap pertama betul Pak, 3.000 (orang).

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Oke, terima kasih. Terima kasih.

Stephanie Susanto (PT Sinar Mas Agribusiness and Food)
Terima kasih, Pak.

Perwakilan dari PT Indah Kiat Pulp and Paper
Selamat pagi Pak Jokowi, kami dari PT Indah Kiat Pulp and Paper APP (Asia Pulp and Paper) Sinar Mas juga pagi hari ini sudah melaksanakan vaksinasi yang sudah dimulai sejak pukul 7 pagi tadi. Kami berterima kasih atas kerja sama dari pemerintah, di sini sudah ada jajaran direksi kami dan juga Wali Kota Tangsel dan juga Kapolres dan juga Dandim yang memantau langsung jalannya Vaksinasi Gotong Royong yang diadakan di PT Indah Kiat Pulp and Paper APP Sinar Mas.

Nah, Bapak mohon izin, kali ini ada salah satu karyawan kami yang ingin berbagi rasa mengucapkan terima kasih atas tersedianya Vaksin Gotong Royong ini.

Selamat pagi, Mbak. Dengan siapa, Mbak? Mungkin mau ngobrol sesuatu dengan Pak Jokowi.

Baik Nia (Karyawan PT Indah Kiat Pulp and Paper)
Selamat pagi, saya Baik Nia dari karyawan APP Sinar Mas. Saya sangat terima kasih sekali kepada Bapak presiden yang sudah terjun langsung, memantau langsung jalannya vaksin ini. Saya harapkan vaksinasi ini berjalan lebih lancar dan mobilitas kembali normal seperti sedia kala. Terima kasih, Pak.

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya kita ini memang sekarang telah memulai Vaksin Gotong Royong setelah sebelumnya kita mulai 13 Januari yang lalu sudah memulai vaksin dari pemerintah, yang gratis dari pemerintah. Sampai saat ini kita telah menyuntikkan 23 juta dosis vaksin dari rencana yang ingin kita lakukan kurang lebih nanti 380 juta dosis vaksin. Ini memang masih jauh sekali.

Oleh sebab itu, saya sekali lagi ingin mengucapkan terima kasih karena Vaksin Gotong Royong ini akan mempercepat proses vaksinasi di seluruh Tanah Air. Dan, mencari vaksin juga bukan barang yang mudah, Vaksin Gotong Royong sampai hari ini kita dari komitmen yang harusnya kita dapatkan kurang lebih 30 juta (dosis), hari ini kita baru mendapatkan (bertanya ke Menteri), sampai hari ini baru datang 420 ribu. Jadi, Bapak-Ibu dan Saudara-saudara beruntung hari ini sudah mendapatkan vaksin yang pertama karena memang membeli vaksin, mencari vaksin itu menjadi rebutan 215 negara. Semuanya pengin semuanya mendapatkan vaksin secepat-cepatnya untuk bisa keluar dari pandemi COVID-19 ini.

Terima kasih, Sinar Mas. Terima kasih.

Suryandi (Direksi PT Chandra Asri Petrochemical)

Izinkan kami memperkenalkan saya Suryandi dan di samping saya Bapak Rully Haryawan kami dari direksi Chandra Asri dan juga bersama dengan karyawan di pabrik yang pada hari ini akan melaksanakan vaksinasi.

Pertama, kami mengucapkan syukur dan berterima kasih juga kepada Bapak Presiden yang telah mendukung beserta jajarannya, yang selalu mendukung pertumbuhan dari perekonomian dan juga lancarnya operasional dari pabrik kami.

Pada hari ini untuk tahap pertama, kami akan memvaksinasi 1.000 karyawan ya dan dalam beberapa tahap. Kami menyiapkan 4.400 vaksinasi untuk karyawan beserta anggota keluarganya yang mudah-mudahan kami bisa laksanakan di bulan Mei ataupun sampai bulan Juni nanti, tergantung dari masuknya vaksin yang tersedia.

Kami sekali lagi mewakili direksi dan komisaris Chandra Asri menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya dan atas support dari Bapak Presiden beserta jajarannya, sehingga kami dapat memberikan vaksin ini kepada karyawan dan anggota keluarganya.

Pada kesempatan ini hadir juga wakil karyawan, apabila Bapak berkenan nanti dari wakil karyawan juga ingin menyampaikan apresiasinya kepada Bapak Presiden. Terima kasih, selamat siang.

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Silakan. Silakan kalau ada yang ingin menyampaikan, silakan.

Della (Karyawan PT Chandra Asri Petrochemical)
Selamat pagi, Bapak Presiden Jokowi. Nama saya Della karyawan PT Chandra Asri. Sebelumnya kami berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Jokowi dan seluruh aparatur pemerintah, karena kami boleh diberikan kesempatan untuk vaksin pada Vaksinasi COVID-19 Gotong Royong pada hari ini dan berikutnya akan dilanjutkan untuk keluarga kami. Harapannya dengan adanya vaksin ini kami bisa mendukung produksi, kami bisa bekerja, sehingga bisa mendukung perekonomian Indonesia pula. Sekali lagi terima kasih banyak Pak Jokowi dan seluruh aparatur pemerintah.

Presiden Republik Indonesia (Joko Widodo)
Ya, terima kasih.

Jadi, Bapak-Ibu dan Saudara-saudara ini berada pada posisi yang sangat penting bagi negara ini, yaitu pada kawasan produksi, pada kawasan yang produktif, yang sangat juga menentukan sekali pertumbuhan ekonomi nasional kita. Kalau ada perusahaan, ada pabrik, ada industri yang tidak berproduksi, artinya pertumbuhan ekonomi kita akan turun dan jatuh pada posisi yang tidak baik.

Kita tahu, di kuartal pertama pertumbuhan ekonomi kita tahun 2021 kuartal pertama masih minus 0,74 persen. Target yang saya berikan kepada kementerian dan tentu saja ini harus didukung oleh seluruh perusahaan, target kita di kuartal kedua ini adalah kurang lebih tujuh persen, dari minus 0,74 persen menjadi plus tujuh persen kurang lebih. Ini bukan pekerjaan mudah.

Oleh sebab itu, saya mendorong kita semuanya untuk lebih produktif lagi dalam berproduksi apapun produknya. Dan saya terima kasih kepada PT Chandra Asri yang juga sudah memulai vaksinasi pada pagi hari ini. Terima kasih, terima kasih.

Dialog Terbaru