web analytics

Blog

Amanat Presiden Joko Widodo pada Upacara Pelantikan Pamong Praja Muda Lulusan IPDN Angkatan XXIV Tahun 2017, di Kampus Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, 8 Agustus 2017

Oleh: Humas ; Diposkan pada: 5 Dec 2017 ; 1476 Views Kategori: Transkrip Pidato

Logo-Pidato2-8Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Selamat sore,
Salam sejahtera bagi kita semuanya,
Om swastiastu, namo budhaya, salam kebajikan.

Yang saya hormati seluruh Pimpinan Lembaga Negara yang hadir,
Yang saya hormati para Menteri Kabinet Kerja,
Yang saya hormati para Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati dan Wali Kota yang hadir,
Para Rektor, para Guru Besar IPDN yang saya hormati,
Yang saya banggakan para Pamong Praja Muda serta para orang tua Pamong Praja Muda,
Undangan dan hadirin yang berbahagia.

Pertama-tama, saya mengucapkan selamat kepada para Pamong Praja Muda IPDN Angkatan XXIV yang telah lulus. Selama 4 tahun, Saudara-saudara telah dididik, ditempa, dibentuk. Dan hari ini adalah awal pengabdian Saudara-saudara kepada masyarakat.

Ingat selalu bahwa ekspektasi, bahwa harapan masyarakat sudah semakin tinggi terhadap kualitas pelayanan publik yang ingin mereka dapatkan dari pemerintah, yang ingin mereka dapatkan dari negara. Sekarang mereka tidak ragu untuk mendebat, untuk mengkritik, atau bahkan untuk protes jika menurut mereka, jika menurut masyarakat, layanan yang didapatkan tidaklah memuaskan atau lamban.

Tapi jangan Saudara-saudara alergi terhadap kritikan. Jadikan kritik masyarakat sebagai bahan untuk perbaikan, sebagai bahan untuk melaksanakan reformasi birokrasi di lingkungan Saudara-saudara nantinya bertugas. Sebab memang sudah tugas dari Saudara-saudara, sudah menjadi tugas pemerintah untuk melayani masyarakat.

Saudara-saudara Pamong Praja Muda yang saya banggakan,
Perlu diketahui, berkat kerja bersama seluruh elemen bangsa, Peringkat Kemudahan Berusaha Indonesia sekarang sudah meningkat. Dari peringkat 106 pada tahun 2016 menjadi peringkat 91 pada tahun 2017. Ini tetap harus kita perbaiki dari tahun ke tahun. Dan survei Gallup International juga menunjukkan tingginya kepercayaan rakyat kepada pemerintah.

Inilah yang harus kita jaga. Kita jaga terus. Di situ, di dalam survei itu, kita menempati, Indonesia menempati posisi pertama bersama Swiss. Dan lebih tinggi dari negara-negara maju yang lain.

Dalam hal Indeks Pembangunan Manusia atau IPM, untuk pertama kalinya dalam sejarah, posisi Indonesia naik dari negara kategori medium high development menjadi high human development.

Itu semua jangan hanya Saudara-saudara pertahankan, tetapi harus kita tingkatkan, harus kita majukan, harus kita kembangkan dengan baik. Dan sebagai Pamong Praja Muda, Saudara-saudara harus menjadi terdepan dalam perubahan pola pikir, dalam perubahan pola sikap, maupun perubahan sistem dan tata kelola pemerintahan yang baik.

Para Pamong Praja Muda yang saya cintai,
Saudara-saudara juga harus ingat bahwa dunia telah berubah dengan cepat. Dan di tangan Saudara-saudara nanti yang bisa menggerakkan perubahan dan beradaptasi dengan berbagai kemajuan. Baik itu kemajuan dan perubahan di bidang teknologi dan yang lain-lainnya.

Jangan heran rakyat nanti membandingkan. Rakyat bisa membandingkan kecepatan layanan pemesanan makanan lewat handphone dengan kecepatan pembuatan KTP misalnya. Ataupun perubahan paradigma, ekspektasi pelayanan dari generasi milenial. Generasi yang bisa mengubah wajah dan cara kerja Indonesia di berbagai bidang.

Karena itu, semua Pamong Praja jangan pernah kita bekerja monoton, jangan pernah kita berpikir linier, dan jangan kita terjebak oleh rutinitas yang itu-itu saja. Kita semuanya harus berani melakukan terobosan. Sekali lagi, melakukan terobosan.

Saya ingin mengingatkan agar para Praja Muda selalu menjadi perajut persatuan Indonesia yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Berikan layanan yang sama baiknya, dan sama cepatnya kepada semua rakyat. Jangan pernah melakukan diskriminasi pelayanan berdasarkan warna kulit, atau berdasarkan daerah asal, atau berdasarkan agama dan lainnya. Itulah peran Saudara-saudara dalam merajut persatuan Indonesia dan kerukunan sosial kita.

Sebagai penutup, saya mengucapkan selamat bertugas kepada seluruh Pamong Praja Muda lulusan IPDN Angkatan XXIV tahun 2017. Berikanlah bhakti terbaik kepada nusa dan bangsa.

Terima kasih.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Artikel lainnya :