web analytics

Blog

Pengantar Presiden Joko Widodo dalam Rapat Terbatas Evaluasi Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional dan Program Prioritas di Provinsi Kalimantan Timur , di Kantor Presiden, Jakarta, 9 Maret 2017, pukul 16.00 WIB

Oleh: Humas ; Diposkan pada: 9 Mar 2017 ; 5107 Views Kategori: Transkrip Pidato

Logo-Pidato2Bismillahirrahmanirrahim,

Assalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh,

Selamat sore, salam sejahtera bagi kita semuanya.

Ratas sore hari ini akan dibahas mengenai evaluasi pelaksanaan proyek strategis nasional dan program prioritas di Provinsi Kalimantan Timur.

Selamat sore, Pak Gub, sehat?

Saya melihat dengan semakin membaiknya harga komoditas minerba di pasar global, perekonomian di Kalimantan Timur  akan kembali menggeliat lagi. Namun demikian, saya ingin memanfaat kondisi ini sebagai momentum untuk melakukan langkah-langkah pengembangan sektor-sektor unggulan alternatif di luar sektor pertambangan. Mulai dari pertanian, perkebunan, perikanan, serta industri pengolahan.

Penting sekali pengembangan sektor sektor-sektor alternatif ini. Kita harapkan dapat memberikan nilai tambah serta menyerap banyak tenaga kerja di Kalimantan Timur.

Kita juga mengharapkan pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Timur semakin membaik seiring dengan mulai beroperasinya pabrik baru CPO, pembangunan kilang minyak di Bontang, serta upgrading kilang-kilang minyak eksisting oleh Pertamina di Kalimantan timur. Selain itu, dari data yang saya miliki, lapangan usaha non pertambangan cenderung tumbuh positif tapi belum mampu mengangkat pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Timur secara keseluruhan.

Agar perekonomian Kalimantan Timur bisa tumbuh ke arah positif dan lebih cepat lagi, infrastruktur pendukung harus dibenahi, baik infrastruktur transportasi, seperti tol Balikpapan-Samarinda, Jalan Trans Kalimantan, pembangunan jalur kereta api, pembangunan bandara, dan penyiapan pelabuhan, serta galangan kapal. Juga infrastruktur penunjang untuk pengembangan kawasan-kawasan industri pengolahan di Kalimantan timur, seperti KEK Maloy yang nanti akan dikembangkan industri pengolahan kelapa sawit.

Kita juga perlu menuntaskan pembangunan waduk bendungan yang selain bermanfaat pengembangan usaha sektor pertanian juga dapat dikembangkan untuk penyediaan air baku sebagai sumber energi alternatif.

Saya kira itu sebagai pengantar yang bisa saya sampaikan.

Saya. Persilakan Pak Gub untuk menyampaikan, waktunya 7 menit.

(Humas Setkab)

 

Artikel lainnya :