web analytics

Blog

Pengantar Presiden Joko Widodo dalam Rapat Terbatas Tentang Evaluasi Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional dan Program Prioritas di Provinsi Sumatra Barat di Kantor Presiden, Rabu 2 Agustus 2017

Oleh: Humas ; Diposkan pada: 2 Aug 2017 ; 3551 Views Kategori: Transkrip Pidato
Logo-Pidato2Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamualaikum warahmatullaahi wabarakatuh,
Selamat siang, salam sejahtera bagi kita semuanya.
Rapat  Terbatas siang hari ini akan di evaluasi pelaksanaan proyek strategis nasional dan program prioritas di Provinsi Sumatera Barat.
Selamat sore, Pak Gub.

Saya ingin memperoleh penjelasan tentang perkembangan proyek strategis nasional yang berkaitan dengan jalan tol Bukittinggi, Padang Panjang, Lubuk Alung, Padang sepanjang 80 KM dan juga Pekanbaru, Bangkinang, Payakumbuh, Bukittinggi yang panjangnya 185. Kalau yang di Pekanbaru sudah dimulai, kemarin Pekanbaru-Dumai. Ini saya nanti mohon dijelaskan.
Program strategis nasional ini sangat penting untuk mendorong percepatan pembangunan ekonomi di Provinsi Sumatera Barat dan sekitarnya. Sehingga implementasinya harus betul-betul dikawal di lapangan dan nantinya pemanfaatannya juga betul-betul optimal bagi kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat.
Saya ingin menegaskan lagi bahwa keberadaan PSN harus betul-betul memiliki dampak dirasakan manfaatnya dalam mendorong peningkatan pertumbuhan ekonomi daerah. Provinsi Sumatra Barat dalam catatan saya, triwulan 1 2017 tumbuh 4,91%, cukup baik. Dan PSN juga harus bisa menjadi pengungkit dalam upaya penurunan angka pengangguran, menekan ketimpangan, mengurangi kemiskinan.
Selain itu,  saya minta dilihat lagi program-program prioritas, baik yang bersumber dari APBN maupun APBD. Dilihat lagi sejauh mana implementasi program program tersebut, bisa menyentuh 6,87% penduduk pra sejahtera, penduduk miskin di Sumatera Barat, dan juga bisa menurunkan pengangguran terbuka yang masih berada pada angka 5,8%.
Saya kira itu sebagai pengantar yang bisa saya sampaikan. Saya persilakan  Pak Gubernur Sumatra Barat untuk menyampaikan presentasinya.

Artikel lainnya :