web analytics

Blog

Pengantar Presiden Joko Widodo pada Silaturahmi dengan Para Bupati, 31 Juli 2018, di Ruang Garuda, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat

Oleh: Humas ; Diposkan pada: 31 Jul 2018 ; 4995 Views Kategori: Transkrip Pidato

Logo-Pidato2Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Selamat siang,
Salam sejahtera bagi kita semuanya.

Yang saya hormati Bapak-Ibu Bupati yang siang hari ini hadir di Istana Bogor,
Pak Menteri.

Pertama-tama saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kehadiran di Istana ini.

Yang kedua, perlu saya mengingatkan bahwa pentingnya masalah-masalah yang ada di negara kita, agar semua Bapak-Ibu Bupati juga mengetahui, sehingga langkah-langkah yang dimulai dari kabupaten, kemudian naik ke provinsi, dan ke pusat betul-betul bisa kita selesaikan bersama-sama.

Pertama, mengenai yang berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi. Kita tahu semuanya bahwa ekonomi dunia belum baik, belum bisa tumbuh pada posisi normal kembali, sehingga saya berharap semuanya hati-hati dalam mengelola ekonomi di daerah kita masing-masing. Karena ekonomi di kabupaten kalau sudah terkumpul semuanya dengan kabupaten dan kota, ke provinsi, kemudian naik ke nasional, itu akan menjadi pertumbuhan ekonomi nasional kita. Yang alhamdulillah, meskipun ada tekanan-tekanan yang sangat berat dari ekonomi global, kita masih bisa tumbuh di atas 5 lebih sedikit.

Dan setiap hari, kalau Bapak, Ibu, dan Saudara-saudara lihat, tekanan dari adanya kenaikan suku bunga di Amerika itu juga terus menekan rupiah kita. Kemudian perang dagang antara China dan Amerika, semuanya juga harus tahu, ini juga menekan ekspor, juga menekan neraca perdagangan kita. Sehingga ini memerlukan kerja keras kita bersama agar pertumbuhan ekonomi di daerah juga tidak terganggu, dan dalam lingkup negara, pertumbuhan ekonomi nasional kita juga tidak terganggu.

Yang berkaitan dengan inflasi, karena pertumbuhan ekonomi tanpa dibarengi dengan inflasi yang rendah, yang baik, juga akan percuma. Saya kira di dalam pertemuan dengan Bank Indonesia yang lalu sudah saya sampaikan. Saya mengucapkan terima kasih bahwa seluruh kepala daerah, utamanya bupati, sudah tahu betapa pentingnya yang namanya menekan inflasi, mengendalikan inflasi, pasokan, distribusi barang yang terutama untuk hal-hal yang berkaitan dengan sembako itu betul-betul terus diperhatikan.

Artikel lainnya :