Pelaksanaan Quick Wins Reformasi Birokrasi di Sekretariat Kabinet (5)

Oleh Humas     Dipublikasikan pada 16 Februari 2013
Kategori: Reformasi Birokrasi
Dibaca: 11.103 Kali

Lampiran 3.b

 

HASIL  SURVEY DALAM RANGKA

PERBAIKAN TAMPILAN DATA DAN RETRIEVAL ALM

 

Bahwa sesuai dengan Peraturan Sekretaris Kabinet Nomor 3/RB Tahun 2011, salah satu kegiatan quick win adalah peningkatan kualitas pelayanan administrasi kepangkatan dan pensiun pegawai negeri sipil yang menjadi kewenangan Presiden.

Dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan tersebut, Tim Quick Win Reformasi Birokrasi Bidang Kenaikan Pangkat dan Pensiun mengadakan survey untuk menjaring masukan dari pengguna Anjungan Layanan Mandiri Sekretariat Kabinet,

Hasil survey tersebut kiranya dapat bermanfaat bagi Sekretariat Kabinet dalam upaya perbaikan tampilan data dan retrieval anjungan layanan mandiri.

Metodologi yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah menampilkan form questioner dalam halaman ALM, yang diunggah bekerjasama dengan Pusdatin. Kegiatan survey dilaksanakan dari bulan Mei sampai dengan Juni 2012.

 

Data Hasil Survey

Data hasil survei yang diambil per tanggal 20 Juni 2012 pukul 15.16, sebagai berikut:

1. Dalam posisi atau tugas apa Saudara mengakses Anjungan Layanan Mandiri?.
(357 responden)
Pelaksana Bid. Kepegawaian, BKD Provinsi/Kabupaten/Kota   : 89%
Pelaksana Bid. Kepegawaian Kementerian (Pusat)                : 4%
Lain-lain                                                                          : 18%
2. Bagaimana pendapat Saudara tentang Anjungan Layanan Mandiri sebagai
media informasi. (357 responden)
Perlu           : 100%
Tidak Perlu  : 0%
3. Kemudahan untuk mengakses halaman Anjungan Layanan Mandiri
(357 responden)
Sangat Puas   : 88%
Puas              : 11%
Kurang Puas   : 1%
Tidak Puas     : 0%
4. Kemudahan dalam menggunakan Anjungan Layanan Mandiri
(357 responden)
Sangat Puas   : 55%
Puas              : 25%
Kurang Puas   : 19%
Tidak Puas     : 0%
5. Kelengkapan informasi yang ditampilkan dalam Anjungan Layanan Mandiri
(357 responden)
Sangat Puas   : 55%
Puas              : 24%
Kurang Puas   : 21%
Tidak Puas     : 0%
6. Kelengkapan petunjuk penggunaan Anjungan Layanan Mandiri
(357 responden)
Sangat Puas   : 84%
Puas              : 14%
Kurang Puas   : 2%
Tidak Puas     : 0%
7. Kecepatan informasi yang ditampilkan dalam Anjungan Layanan Mandiri
(357 responden)
Sangat Puas   : 85%
Puas              : 12%
Kurang Puas   : 2%
Tidak Puas     : 0%
8. Kesan/Saran yang ingin disampaikan untuk pengembangan Anjungan Layanan
Mandiri, silahkan ditulis di ruang berikut:
Terdapat 26 jawaban tertulis

 

 

Analisis

Setelah menghimpun, mengolah dan melakukan analisis dapat dijelaskan bahwa respon responden adalah cukup baik dengan penjelasan sebagai berikut:

  1. Mayoritas pengakses ALM adalah Pelaksana Bid. Kepegawaian BKD Provinsi/Kabupaten/Kota, dipilih oleh 89% responden.
  2. ALM masih sangat diperlukan sebagai media informasi perihal kenaikan pangkat dan pensiun PNS golongan IV/c ke atas, dipilih oleh 100% responden.
  3. ALM mudah untuk diakses, dipilih oleh 88% responden.
  4. 19% responden menyatakan kurang puas terhadap kemudahan menggunakan ALM.
  5. Mengenai kelengkapan informasi yang ditampilkan dalam ALM, 21% responden menyatakan kurang puas.
  6. 84% responden merasa sangat puas terhadapa kelengkapan petunjuk penggunaan ALM.
  7. Informasi yang ditampilkan dalam ALM cepat, dipilih oleh 85% responden.

Beberapa saran yang disampaikan oleh responden dalam jawaban atas pertanyaan terbuka adalah sebagai berikut:

1. Perlu kiranya juga dibuatkan ALM untuk pengecekan usul pengangkatan dalam jabatan fungsional utama.
2. Perubahan tampilan ALM agar lebih informatif.
3. Perlu ditampilkan syarat-syarat kenaikan pangkat dan pensiun PNS golongan IV/c ke atas.
4. Kelengkapan dalam ALM
1.. Sosialisasi supaya lebih ditingkatkan.
2. Riwayat kenaikan pangkat
5. Update/pemutakhiran data tidak terlalu lama.
6. Informasi dapat ditampilkan walau masih dalam taraf daftar nominatif (tidak hanya setelah ada pertimbangan teknis BKN).
7. Sosialisasi supaya lebih ditingkatkan.

 

Tindak lanjut Survey

Akan dilakukan perbaikan tampilan data dan retrieval ALM dalam dua agenda sebagai berikut:

  1. Perbaikan internal yaitu unit yang memanfaatkan Simpeg, untuk lebih memperhatikan kelengkapan data yang dientri.
  2. Perbaikan tampilan dan retrieval ALM oleh Pusdatin selaku penanggungjawab ALM.

 

_______________________

Reformasi Birokrasi Terbaru