web analytics

Home

BERITA

  • 5 February 2016
  • 19703 Views

Spiritnya Untuk Penguatan, Seskab: Soal Revisi UU KPK, Pemerintah Tunggu Tahapan di DPR

Seskab Pramono Anung

Seskab Pramono Anung

Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menegaskan, bahwa revisi Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merupakan inisiatif DPR-RI, yang sekarang masih dalam pembahasan di Badan Legislasi. Karena itu, pemerintah masih menunggu draf revisi sebelum memberikan pendapat terkait adanya kemungkinan ‘pelemahan’ KPK dalam revisi tersebut.

“Yang pertama yang perlu diluruskan ini adalah inisiatif dari DPR. Dan sekarang ini masih dalam pembahasan di Badan Legislasi,” kata Seskab Pramono Anung, di kantor Kepresidenan, Jakarta, Jumat (5/2) sore.

  • 5 February 2016
  • 20245 Views

Izinnya Disederhanakan, Darmin: PLN Wajib Beli Listrik Yang Pembangkit Berbasis Sampah

Menko Perekonomian Darmin Nasution memberikan penjelasan kepada wartawan, di kantor Presiden, Jakarta, Jumat (5/2) sore. (Foto: Jay/Humas)

Menko Perekonomian Darmin Nasution memberikan penjelasan kepada wartawan, di kantor Presiden, Jakarta, Jumat (5/2) sore. (Foto: Jay/Humas)

Guna mendukung percepatan pemanfaatan sampah menjadi tenaga listrik, Menko Perekonomian Darmin Nasution mengemukakan, pemerintah melakukan penyederhanaan perizinan dan non perizinan. Dengan kemudahan perizinan ini, diharapkan masalah pengelolaan sampah bisa terselesaikan, dan ke depannya tidak lagi menjadi persoalan yang laten.

Sesuai draft Peraturan Presiden (Perpres) yang sudah diparaf oleh menteri terkait, menurut Darmin, hasil listrik dari pembangkit berbasis sampah wajib dibeli oleh PT PLN (Persero).  “Soal harga mereka akan berunding, kalau ada yang tidak selesai pemerintah pusat akan turun tangan ya,” kata Darmin kepada wartawan usai rapat terbatas di kantor Kepresidenan, Jakarta, Jumat (5/2) sore.

  • 5 February 2016
  • 21671 Views

7 Kota Ini Ditetapkan Sebagai ‘Pilot Project’ Pembangunan Pembangkit Listrik Berbasis Sampah

Seskab Pramono Anung menyampaikan keterangan pers usai rapat terbatas, di kantor Presiden, Jakarta, Jumat (5/2) sore. (Foto: Jay/Humas)

Seskab Pramono Anung menyampaikan keterangan pers usai rapat terbatas, di kantor Presiden, Jakarta, Jumat (5/2) sore. (Foto: Jay/Humas)

Pemerintah memutuskan akan mengawali  dengan percepatan pembangunan pembangkit listrik berbasis sampah. Ketujuh kota yang akan dijadikan pilot project itu adalah: Jakarta, Bandung, kemudian Tangerang, Semarang, Surabaya, Solo dan Makassar.

“Dari tujuh kota tersebut memang ada kota-kota besar, kota besar itu biasanya  produksi sampahnya di atas 1000 ton per hari, sedangkan Solo itu di bawah. Kenapa Solo dimasukkan, supaya ini menjadi pilot project buat kota-kota menengah yang produksi sampahnya diantara disatu kota itu 200-250 ton per hari, dan diharapkan bekerja sama dengan tempat sekeliling dari kota tersebut,” kata Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung kepada wartawan usai rapat terbatas, di kantor Kepresidenan, Jakarta, Jumat (5/2) sore.

  • 5 February 2016
  • 21164 Views

Pimpin Rapat Terbatas, Presiden Jokowi Berharap Sampah Jadi Sumber Energi Listrik

Presiden Jokowi memimpin rapat terbatas pengelolaan sampah sebagai sumber energi listrik, di kantor Presiden, Jakarta, Jumat (5/2) sore. (Foto: JAY/Humas)

Presiden Jokowi memimpin rapat terbatas pengelolaan sampah sebagai sumber energi listrik, di kantor Presiden, Jakarta, Jumat (5/2) sore. (Foto: JAY/Humas)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla, di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Jumat (5/2) sore, memimpin rapat terbatas mengenai pengelolaan sampah sebagai sumber energi listrik.

“Sekedar mengingatkan, mengenai pengelolaan sampah menjadi energi listrik. Ini sudah kita bahas ndak tahu berapa kali. Dan saya harapkan ini adalah rapat yang terakhir,  dan sudah putus, dan langsung bisa dikerjakan, dilaksanakan,” kata Presiden Jokowi dalam pengantarnya.

  • 5 February 2016
  • 27626 Views

Sudah Darurat, Presiden Jokowi Minta Kyai NU Bicara Soal Terorisme dan Radikalisme

Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siraj, menjawab pertanyaan para wartawan (5/2) di halaman Istana Merdeka. (Foto: Humas/Rahmat)

Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siraj, menjawab pertanyaan para wartawan (5/2) di halaman Istana Merdeka. (Foto: Humas/Rahmat)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemuka agama NU, dan Kyai-kyai NU agar menekankan dalam khotbah-khotbahnya maupun di masyarakat terhadap masalah terorisme, radikalisme, dan narkoba. Permintaan ini disampaikan secara khusus oleh Presiden Jokowi kepada Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) K.H. Said Aqil Siradj, yang diundangnya datang ke Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (5/2) siang.

“Terus saya jawab, NU sejak dulu Pak, NU sejak dulu diminta atau tidak diminta, kyai-kyai itu yang disampaikan,” kata Ketua Umum PBNU Said Aqil Siraj kepada wartawan seusai bertemu dengan Presiden Jokowi.

  • 5 February 2016
  • 22478 Views

Menpora: Minggu Depan ‘Timeline’ Pembangunan Infrastruktur Asian Games 2018 Selesai

Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nachrawi  (Foto: Humas/Rahmat)

Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nachrawi
(Foto: Humas/Rahmat)

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nachrowi mengemukakan, bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan perhatian penuh pada penyelenggaraan event-event besar yang telah direncanakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga, terutama Asian Games 2018, secara detil dan menyeluruh.

“Begini sekali lagi konsen Presiden kepada event-event besar yang kami rencanakan khususnya Asian Games ini betul-betul detil menyeluruh. Beliau tidak ingin melepaskan sedikitpun perhatiannya untuk melihat sisi-sisi yang diharuskan oleh OCA (Olimpic Council of Asia),” kata Imam kepada wartawan usai mendampingi Kwartir Nasional Pramuka menemui Presiden Jokowi, di Istana Merdeka, Jumat (5/2) pagi.

  • 5 February 2016
  • 27829 Views

Adhyaksa Dault: Presiden Setuju, Pembinaan Pramuka di Dinas Pendidikan Bukan Menpora

Presiden Jokowi didampingi Menpora Imam Nahrawi menerima rombongan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yg dipimpin oleh Adhyaksa Dault  (5/3) di Istana Merdeka. (Foto: Humas/Rahmat)

Presiden Jokowi didampingi Menpora Imam Nahrawi menerima rombongan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka (5/2) di Istana Merdeka. (Foto: Humas/Rahmat)

Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault mengemukakan, bahwa pembinaan Pramuka yang merupakan gerakan kepemudaan akan berada pada Dinas Pendidikan dan tidak lagi di bawah Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

“Tapi saat ini, masih. Kedepannya, sudah disetujui oleh Presiden,” kata Adhyaksa kepada wartawan usai bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi diterima oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Jumat (5/2) pagi.

  • 5 February 2016
  • 23980 Views

Tertinggi Pada Triwulan IV, Sepanjang 2015 Ekonomi Indonesia Tumbuh 4,79 Persen

Warga JakartaBadan Pusat Statistik (BPS) menginformasikan, ekonomi Indonesia triwulan IV-2015 tumbuh sebesar 5,04 persen, tertinggi dibanding triwulan-triwulan sebelumnya tahun 2015, yaitu masing-masing sebesar 4,73 persen (triwulan I); 4,66 persen (triwulan II) dan 4,74 persen (triwulan III) ekonomi Indonesia tahun 2015 tumbuh 4,79 persen. Secara keseluruhan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2015 mencapai 4,79 persen melambat bila dibanding tahun 2014 sebesar 5,02 persen.

Kepala BPS Suryamin dalam keterangan persnya menjelaskan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2014 terjadi pada seluruh lapangan usaha, kecuali Pertambangan dan Penggalian yang terkontraksi 5,08 persen.

  • 5 February 2016
  • 25118 Views

Besarannya Masih Dikaji, Menteri PUPR Pastikan Bulan Februari Ini Tarif Tol Suramadu Turun

Tol SuramaduMenindaklanjuti hasil rapat terbatas di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Rabu (3/2) lalu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan tarif tol Jembatan Surabaya-Madura (Surabaya) akan diturunkan pada bulan Februari ini. Sedangkan besaran penurunan tarif masih dalam perhitungan oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

“Saya minta bulan ini (Februari) tarif (Tol Suramadu) baru diberlakukan, lagi pula itu cukup dengan SK Menteri PUPR saja,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono kepada wartawan usai menghadiri acara Economic Forum yang bertema “2016 : The Year of Investment” di Jakarta, Kamis (4/2) kemarin.

  • 4 February 2016
  • 28215 Views

Presiden Jokow‎i : Humas Pemerintah Harus Bergerak Cepat ‎

Presiden Jokowi saat memberikan arahan kepada praktisi humas pemerintah di Istana Negara, Jakarta (4/2). (Foto:Humas/Rahmat)

Presiden Jokowi saat memberikan arahan kepada praktisi humas pemerintah di Istana Negara, Jakarta (4/2). (Foto:Humas/Rahmat)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan kepada hubungan kemasyarakatan (humas) yang berada di kementerian maupun lembaga non kementerian memiliki kecepatan dalam merespons dan kecepatan memberikan informasi. “Jangan membalikkan dan jangan lagi saya mendengar bahwa masyarakat menemui humas saja sulit. Padahal kita yang harus mencari mereka (masyarakat) untuk memberikan informasi,” ucap Presiden pada pertemuan dengan humas Kementerian dan lembaga non kementerian, serta BUMN di Istana Negara, Jakarta, Kamis 4 Februari 2016.

ARTIKEL

PERATURAN

  • PRORAKYAT
  • PERATURAN
  • NUSANTARA

  • NUSANTARA
  • INTERNASIONAL
  • TRANSKRIP PIDATO PRESIDEN